May 14, 2011

ganti keyboard laptop Compaq CQ40

Kemaren dapet servisan lagi laptop Compaq CQ42. Keluhannya keyboard lengket, kalau baru dihidupin sering bunyi beep nggak jelas, beberapa tombol keyboard tidak berfungsi, touch-pad tidak bisa digunakan buat click wah lengkaplah sudah penderitaan silaptop ini. Dalam benak saya sudah terpikirkan kalau kasus seperti itu pasti keyboardnya yang rusak dan mesti harus diganti, sementara untuk touch-pad yang gak berfungsi mungkin hanya karena windowsnya error.

Hal pertama yang saya lakukan untuk mendeteksi masalahnya adalah dengan mencoba tombol keyboard one by one dan alhasil ternyata banyak tombol keyboard yang ogah-ogahan berfungsi dan ini sudah bisa disimpulkan kalau keyboard tersebut rusak. Kemudian saya lanjutkan ngetes touch-padnya dengan mengutak atik settingannya pada synaptic padnya dan alhasil berhasil namun setelah direstart laptopnya touch-padnya
kembali ogah-ogahan berfungsi, akhirnya saya simpulkan kalau penyebabnya adalah Windows (OS) yang error.
 

Setelah mendapatkan persetujuan dari si pemilik tentunya dengan harga yang telah ditentukan maka keyboard akan saya ganti, namun ditengah perjalanan saya mendapat kendala (maklum baru pertama ganti keyboard laptop compaq). Tidak seperti laptop Acer atau Toshiba biasanya system knock down dan baut nya ada pada bagian atas namun pada laptop Compaq CQ40 ini berbeda dia cuma menggunakan 3 buah baut panjang yang berada di bagian bawah laptop, biasanya ada gambar keyboard di sebelah lubang baut yang menandakan kalau itu adalah baut untuk keyboard. Setelah lama utak atik akhirnya ketemu juga penyelesaiannya dan si keyboard pun berhasil tergantikan dengan sempurna.

Sementara untuk mengatasi Touch-pad yang ogah-ogahan tersebut saya instal ulang mengunakan OS baru, karena saya lihat OS nya sudah tidak stabil lagi. Alhasil semuanya berjalan dengan sempurna.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat............

5 comments:

  1. sy punya problem nyaris sama 50% tombol keyboadr tak berfungsi, mouse pad normal, laptopku compaq cq40 garansi sdh habis 3 bl yg lalu, belinya dimana ya sy di kebumen. sy pingin beli langsung bukan lweat toko online, tolong bantu saya ya, sukur bisa kasih info via 081802838358

    ReplyDelete
  2. Saya jg punya pengalaman...toshiba a105 kesayangan sy keyboard nya bermasalah...akhirnya sy beli dan ganti...belinya di jakartanotebook.com...alhamdulillah laptopku dan sembuh dan ngacir lg....

    ReplyDelete
  3. Sama persis dengan laptop saya, keyboardnya aja yang rusak, untuk huruf2 tertentu. Saya butuh segera perbaikan laptop ini, tapi saya nggak ngerti masalah laptop. Boleh di kasih tau dimana bisa ganti keyboard laptop saya? di daerah semarang atau kebumen???

    ReplyDelete
  4. sudah pada diganti belum, di jogjatronik jalan katamso jogja ada toko spesialis spare part di lantai 2 or 3. ada keybod, lcd, charger, harga: pinter pinter nego setelah searching internet

    ReplyDelete
  5. ok mas gan, saya punya masalah yang sama tapi setelah aku buka 3 baut yang ada gambar keyboardnya kok masih susah dibuka ya. ada trik apa lagi ya tolong infonya ya, tq.

    ReplyDelete

berikan komentar anda mengenai content blog ini supaya bisa diperbaiki kesalahan-kesalahannya

cara memberikan komentar :
- tulis komentar anda pada kotak di bawah ini
- plih salah satu profile pada kotak beri komentar sebagai
- tekan poskan komentar

Categories

Followers

  © Blogger template 'Darken' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP