Mengatasi Keyboard Laptop Berbunyi dan Touch Pad tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Berbunyi

Kemaren dapet servisan lagi laptop Compaq CQ42. Keluhannya keyboard lengket, saat dihidupkan sering bunyi beep nggak jelas, beberapa tombol keyboard tidak berfungsi dan touchpad tidak bisa digunakan, lengkaplah sudah penderitaan si laptop ini.

Baca Juga

Prediksi saya kasus semacam ini pasti keyboardnya yang rusak dan harus diganti, sementara untuk touch-pad yang tidak berfungsi mungkin hanya karena sistem operasi yang error dan bisa diatasi dengan Instal Ulang Windows.

Cara Mengatasi Tombol Keyboard tidak Berfungsi


Hal pertama yang saya lakukan untuk mendeteksi masalah ini adalah dengan mencoba tombol keyboard satu per satu dan hasilnya ternyata banyak tombol keyboard yang ogah-ogahan berfungsi, dan ini sudah dapat disimpulkan keyboard tersebut rusak.

Kemudian untuk menguji touchpad nya, saya utak atik settingan pada synaptic pad dan ini berhasil mengatasinya. Namun setelah laptop direstart touchpad tidak berfungsi lagi, akhirnya saya simpulkan bahwa penyebabnya adalah Windows error.

Solusi Keyboard Laptop Berbunyi


Satu-satunya cara paling ampuh untuk mengatasi tombol keyboard laptop yang tidak berfungsi dan mengeluarkan bunyi beep adalah dengan menggantinya. Karena meskipun bisa diservice, besar kemungkinan kerusakannya akan kambuh lagi.

Sementara untuk mengatasi touchpad tidak berfungsi, cukup saya Install Ulang Windows saja, hasilnya tombol touchpad dapat kembali beroperasi dengan baik.

Sampai di sini kedua permasalahan tersebut bisa diatasi dengan cara yang sangat mudah dan dengan analisa yang sederhana. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat yang menemukan kaksus seperti saya.