3 Cara Mudah Reset Password BIOS Laptop

Cara Reset Password BIOS Laptop. Jika Anda lupa password BIOS laptop, maka Anda tidak akan bisa masuk ke pengaturan BIOS atau merubah settinga BIOS pada laptop. Apa lagi jika ingin melakukan Instal ulang Windows yang mengharuskan anda merubah boot menu pada bios. Untungnya, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mereset password BIOS agar dapat mengakses komputer anda kembali.

Berikut ini saya akan membagikan tips tentang cara reset password bios, agar laptop dapat kembali digunakan seperti semula dan bisa merubah pengaturannya sesuai keinginan.

Reset Password BIOS dengan Mencabut Batre CMOS


Cara yang pertama adalah dengan membongkar laptop kemudian cari Baterai BIOS atau lebih dikenal dengan Baterai CMOS, bentuknya bulat seperti uang logam. Cabut batre tersebut kemudian diamkan selama beberapa menit lalu pasang kembali ke tempatnya semula. Dengan melakukan cara ini, biasanya bios yang terpassword akan hilang  dengan sendrinya dan kembali pada keadaan semula.

Baca Juga :

Menggunakan Software Reset Password BIOS


Pada cara yang kedua anda bisa memanfaatkan sebuat software yang dapat mereset password BIOS tanpa harus membongkar laptop. Cara ini lebih simple dan praktis tanpa harus repot-repot menggunakan obeng untuk membuka baut laptop.

Langkah-langkahnya :

  • Pastikan anda sudah Punya Software pwgen-5dec, yang akan membantu mereset Password Bios yang terkunci.
  • Ketika komputer baru dihidupkan tekan tombol F2, DEL, F10 atau ESC untuk masuk ke Setup Bios. Masing-masing merk Laptop memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke Bios Setup.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan Password, masukkan sembarang password sebanyak tiga kali. Setelah 3 kali memasukkan password maka komputer akan menampilkan 5 sampai 8 karakter kode, seperti contoh yang tampak pada gambar di bawah ini

Reset Pasword Bios

  • Catat kode tersebut, karena nanti dibutuhkan ketika akan melakukan reset password bios
  • Jalankan aplikasi yang telah didownload tadi pada laptop lain, kemudian ketikkan kode yang telah dicatat tadi pada bagian Please enter the number.

Bobol Pasword Bios

  • Ketikkan salah satu kode yang telah didapatkan dari aplikasi tadi pada laptop yang terpassword biosnya
  • Dengan cara sederhana ini saja biasanya anda telah berhasil mereset password bios pada laptop
  • Aplikasi tersebut hanya bisa digunakan untuk Reset Password Bios jenis "Phoenix BIOS", untuk type BIOS Laptop yang lainnya bisa didownload di sini.

Jika kedua cara tersebut di atas belum juga berhasil mereset password Bios laptop anda, silahkan gunakan cara yang terakhir.

Cara Reset Password Bios Laptop Menggunakan Alat Flash


Cara yang ketiga atau yang terakhir ini reset password bios menggunakan alat flash khusus. Chip BIOS yang tertancap pada mainboard akan diangkat terlebih dahulu menggunakan blower atau solder kemudian dimasukkan ke dalam alat flash untuk diisikan file BIOS yang baru.

Untuk melakukan cara yang ketiga ini anda harus memiliki file bios yang sama dengan type BIOS yang akan direset, kemudian angkat IC bios dari motherboard laptop anda menggunakan blower, masukkan IC bios ke dalam alat flash bios lalu jalankan alatnya. Maka dengan cara ini anda telah berhasil mereset password yang membutuhkan waktu lebih lama dan proses agak panjang.

Mengenai cara reset password bios menggunakan alat flash ini nanti akan saya buatkan tutorialnya secara khusus, ditunggu aja ya.

Demikian 3 cara mudah reset password BIOS laptop yang patut anda coba jika mengalami BIOS laptop terpassword. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.