Cara Merubah MAC Address pada Komputer Windows

Cara merubah MAC Address pada Windows. Pada posting kali ini saya ingin berbagi tentang cara mengganti MAC address pada komputer Windows, ini merupakan solusi yang patut dicoba bagi anda yang masih bingung mencari cara untuk mengganti MAC address. Anda dapat dengan mudah memodifikasi MAC address secara manual atau melalui bantuan software pihak ke tiga. MAC address telah didesain secara permanen dalam sebuah perangkat jaringan, namun kita dapat menggantinya dengan melakukan hacks atau trik khusus untuk mengganti Address tersebut.

Apa itu MAC address?


MAC Address merupakan singakatan dari Media Access Control Address, kode unik yang diperuntukkan bagi tiap perangkat keras yang dapat terhubung ke jaringan internet, misalnya NIC (Network Interface Card), router dan perangkat lainnya.

Di dalam sebuah jaringan, Mac Address merupakan sebuah alamat yang diimplementasikan pada lapisan data link dalam tujuh lapisan OSI yang merepresentasikan sebuah node tertentu. Dalam jaringan berbasis Ethernet, Mac Address adalah alamat unik yang memiliki panjang 48-bit (6 bit), ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer interface dalam sebuah router ataupun node lainnya.

MAC Address juga dikenal dengan istilah Ethernet address, physical address atau hardware address. Secara default produsen yang membuat perangkat jaringan telah menetapkan MAC Address yang biasanya akan dimulai dengan kode terkait dengan produsen. Mac Address dibuat unik untuk setiap perangkat. Sebuah perangkat Mac Address terdiri dari enam pasang angka desimal yang dipisahkan oleh titik dua.

Baca Juga :

Pada sebuah komputer, Mac Address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan yang kita kenal dengan NIC (Network Interface Card) yang kegunaannya untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan.

Kode unik Mac Address pada umumnya tidak dapat dirubah karena telah dimasukkan ke dalam program ROM. Beberapa kartu jaringan menyediakan utilias yang mengizinkan pengguna untuk mengubah Mac Address, walaupun hal ini tidak disarankan.

Jika dalam sebuah jaringan terdapat kartu jaringan yang teridentifikasi memiliki Mac Address yang sama maka akan terjadi conflict dan computer pun tidak bisa saling melakukan komunikasi.

Apa Fungsi MAC Address


Seperti yang telah di jelaskan di atas, Mac Address digunakan untuk mengidentifikasi seluruh perangkat jaringan secara unik agar dapat terhubung dan berkomunikasi di dalam jaringan.

Beberapa Type MAC Address :


Unicast address : Alamat ini adalah untuk computer tertentu.
Multicast address : Alamat ini untuk kelompok tertentu dari computer dalam suatu jaringan
Broadcast address : Alamat ini umumnya untuk semua komputer dalam jaringan.

Cara Mengubah MAC Address pada Windows

Berikut Ini adalah cara merubah MAC Address pada computer Windows

Cara Mudah Merubah Mac Address Pada Komputer

Pertama silahkan masuk ke menu Device Manager dengan cara klik kanan pada My Computer => Properties => Device Manager

Cara Mudah Merubah Mac Address Pada Komputer

Pilih pada bagian Network Adapter, klik kanan pada nama perangkat jaringan lalu pilih Properties

Cara Mudah Merubah Mac Address Pada Komputer

Buka Tab Advance, kemudian klik pada tulisan Locally Administered Address. Pada kotak value masukkan 12 digit pengganti MAC Address yang anda inginkan, harus dimasukkan tanpa tanda hubung atau titik dua, misalnya 2A1B4C3D6E5F.

Selanjutnya Silahkan restart komputer anda, maka secara otomatis MAC Address telah berhasil dirubah.