Software Recovery Untuk Mengembalikan Data yang Telah Terhapus

Mungkin anda pernah mengalami kehilangan data pada komputer akibat salah klik atau salah tekan pada tombol keyboard. Apakah data yang telah terhapus tersebut masih bisa dikembalikan? jabawannya bisa. Untuk mengembalikan data yang terhapus, anda dapat memanfaatkan software recovery yang betul-betul handal agar dapat membantu mencari data yang telah hilang.

Software Recovery untuk mengembalikan data yang hilang


Berikut adalah beberapa software recovery gratis dan berbayar yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan data yang telah terhapus :

Simak Juga :

1. Recuva


Recuva merupakan tool recovery yang dibuat oleh Software Develover Piriform. Software ini menyediakan interface yang menarik dengan kualitas tinggi. Recuva memiliki Inbuilt Wizard yang dapat mempermudah Anda dalam mengikuti langkah-langkah pemulihan setiap kali Anda ingin memulihkan data.


Bahkan anda dapat melakukan pemindaian secara mendalam untuk meningkatkan proses recovery data seperti data gambar, audio, dokumen, video dan email dari berbagai perangkat penyimpanan.

Tool recovery ini ada yang versi gratis dan berbayar, versi berbayar dibandrol dengan harga $24,95 dengan fitur Advance File Recovery, Virtual Hard Drive Support, Automatic Update dan Premium Support.

Compatibility : Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1

2. Free Undelete


Free Undelete adalah tool recovery yang sangat mudah dijalankan, mirip dengan Wise Data Recovery. Free Undelete tidak memberikan Anda pilihan untuk menentukan jenis data yang dicari, yang perlu anda lakukan adalah scan drive dan melihat hasil yang akan ditampilkan.

Saat proses scan selesai, Anda akan melihat semua file yang dapat direcovery dan bahkan menunjukkan seluruh folder yang telah terhapus. Dengan hanya satu kali klikan mouse, Anda dapat melakukan recovery data dan dapat memulihkan gambar, musik, dokumen, video, email dan bahkan juga file yang terkompres.

Tool recovery ini terdiri dari dua versi yakni Personal dan Corporate. Untuk pengguna Personal anda dapat menggunakannya secara gratis, sedangkan untuk Corporate software ini dibandrol dengan harga $69.

Compatibility : Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1

3. Minitool Partition Recovery


Merupakan sebuah tool recovery gratis yang memberikan layanan recovery gratis sampai 1 GB. Untuk merecovery data berukuran diatas 1 GB anda harus update ke versi berbayar. Tool recovery ini bisa mengembalikan data yang telah terformat, rusak dan bahkan terhapus sebagian, hasil scan yang dilakukan tergolong cukup luar biasa.

Tool ini memiliki fitur recovery 5 kali lebih banyak dari tool-tool recovery lainnya. File hasil recoverinya dibagi menurut ekstensi yang sesuai agar file tersebut mudah ditemukan. Tool Recovery ini dapat melakukan scan mendalam dan mendukung file System FAT12, FAT16, FAT32, VFAT, NTFS dan NTFS5. Software ini dibandrol dengan harga $89.

Compatibility : Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1

4. UndeleteMyFiles Pro


UndeleteMyFiles Pro merupakan tool recovery yang menyediakan banyak fitur. Anda bahkan dapat mencari file media atau file biasa. Namun jika tidak puas dengan fitur ini, Anda dapat menambahkan filter untuk mencari file tertentu, menandai file yang tersembunyi atau read-only, mencari berdasarkan nama file, ukuran atau atribut dll

Tool recovery Ini juga menyediakan fitur "File Wiper" alat untuk menghapus secara permanen suatu file atau membuat "Disk Image" untuk memastikan bahwa tidak ada file yang ditimpa oleh data lain. Alat ini berjalan secara cepat dan dapat melakukan scan mendalam untuk merecovery semua file.

Compatibility: Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1 and Mac OS X

5. EaUS MobiSavers


Tool recovery yang dapat digunakan untuk mengembalikan data dari perangkat Android. Kompleksitas dan teknik pemulihan hampir sama dengan Software Recovery lainnya. Software ini menyediakan beberapa jenis file untuk melakukan recovery termasuk SMS, Kontak, Dokumen, Video, Audio dan Gambar.

Software Recovery Ini adalah pilihan yang bagus karena harganya lebih murah dan dapat digunakan untuk merecovery History atau Log Panggilan. Harga untuk versi pro adalah $ 39,95 untuk Android dan $ 30 untuk versi iOS.

Compatibility: Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1 and Mac OS X & iOS 8, iPhone 6 dan up to Android Lollipop

6. PC Inspector File Recovery


Software Recovery yang satu ini adalah tool dengan kegunaan yang sangat kompleks. Tool ini tidak memiliki banyak antarmuka yang menarik atau fitur yang banyak. Tool ini dapat memindai drive secara mendalam dan memilih sektor yang akan dipindai. Scan mendalam untuk data berukuran 40 GB akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menyelesaikannya.

Anda juga dapat menambahkan nama file atau ekstensi penyaring untuk mempermudah menemukan file yang diinginkan. Jika Anda merupakan pengguna advance dan ingin memindai PC Anda secara mendalam, maka PC Inspektur File Recovery ini akan memberikan banyak kejutan yang perlu anda coba. Tool Recovery ini mendukung system FAT 12/16/32 dan NTFS.

Compatibility : Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1

7. Glary Undelete


Glary Undelete adalah Tool Recovery sederhana dengan fitur terbatas. Tool ini memberikan Anda beberapa pilihan penyaringan yang bagus sehingga dapat mempermudah menemukan file yang dibutuhkan. Software ini juga memiliki beberapa opsi dalam memindai drive.

Semua data yang direcovery dikategorikan berdasarkan ekstensinya. Anda dapat memfilter pencarian berdasarkan ukuran, waktu, keadaan pemulihan dan nama file. Glary Undelete mendukung file system FAT, NTFS, NTFS + EFS. Dengan software recovery ini juga memungkinkan anda untuk dapat mencari file yang dikompresi atau dienkripsi.
Compatibility: Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1

8. Pandora Recovery


Pandora Recovery adalah Software Recovery yang kaya akan fitur pilihan kustomisasi dan kemampuan pemindaian mendalam. Ia tidak memiliki antarmuka yang menarik seperti Recuva, tetapi lebih kaya fitur berguna. Ini memungkinkan Anda untuk dapat memulihkan system FAT32 atau system file NTFS. Hal ini juga menyediakan wizard yang dapat memandu Anda dalam proses pemindaian.

Anda dapat memindai berdasarkan jenis file, seluruh drive atau hasil scan akan terlihat setelah semua file selesai direcovery. Anda bahkan dapat menghubungkan perangkat penyimpanan removable lainnya untuk discan, Anda juga dapat melakukan pemindaian pada perangkat removable tersebut.

Compatibilitas: Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1