Cara Mengetahui Penyebab Laptop Sering Restart

Apakah anda pernah mengalami kasus laptop sering restart sendiri? Trus bagaimana cara mengatasi laptop restart terus menerus? Apa pula yang menjadi penyebab laptop restart terus? Berikut ini akan saya share sedikit pengalaman saya yang pernah mengalami kasus seperti ini.

Cara Mengatasi Laptop sering restart sendiri

Saat menulis artikel ini saya sedang menangani kasus laptop yang restart terus menerus pada Netbook Samsung Nc108p. Tidak dapat dipungkiri memang, laptop yang sering restart sendiri sangat menggangu penggunanya, apalagi jika laptop tersebut sedang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga : Penyebab Laptop Mati Sendiri

Berikut ini saya sedikit bercerita pengalaman pribadi tentang cara mendeteksi penyebab laptop sering restart. Secara umum ada dua hal yang dapat menyebabkan laptop restart terus menerus, yakni kerusakan yang terjadi pada software dan kerusakan pada hardware.

Cara Mengetahui Penyebab Laptop Restart Sendiri

Untuk mencari penyebab laptop restart sendiri, langkah awal yang harus anda coba adalah masuk ke dalam Safe Mode. Caranya tekan F8 atau F5 ketika laptop sedang booting, kemudian pilih Directory Services Restore Mode. Jika laptop berhasil berjalan pada safe mode tanpa terjadi restart, maka sudah dapat dipastikan penyebab laptop sering restart adalah Sistem Operasi Windows yang error.

Cara Mengatasi Laptop sering restart sendiri

Solusinya, anda cukup melakukan install ulang windows, maka kasus laptop restart terus menerus ini akan segera normal dan dapat digunakan kembali. Namun perlu diingat, sebelum memformat hard disk sebaiknya backup terlebih dahulu data anda untuk mencegah terjadinya kehilangan data.

Baca Juga : Penyebab Laptop Cepat Panas

Jika setelah melakukan langkah di atas, laptop masih sering restart sendiri, berarti penyebabnya bukan karena kerusakan pada software. Melainkan kerusakan terjadi pada hardware atau mesin laptop itu sendiri .

Cara mendeteksinya, coba bongkar laptop anda lalu cabut perangkat yang dapat dibongkar pasang seperti RAM, Hard Disk, Wifi, CD ROOM dan lain-lain. Bersihkan semua komponen tersebut dari debu, karena debu yang terlalu banyak menempel pada perangkat laptop juga bisa menjadi pemicu laptop restart terus menerus. Kemudian Lakukan pengujian dengan memasangnya satu persatu baru kemudian laptop dihidupkan.

Cara Mengatasi Laptop sering restart sendiri

Dari kesemua perangkat yang telah dicabut tadi, silahkan cari perangkat yang ketika dipasang menyebabkan laptop restart dengan sendirinya. Jika telah ditemukan, ganti perangkat tersebut dengan yang masih normal, maka laptop akan normal kembali seperti sedia kala.

Baca Juga : Cara Mengetahui Tombol Keyboard yang rusak

Namun jika semua perangkat tersebut telah diuji satu persatu, ternyata tak satu pun dari perangkat tersebut yang menjadi penyebab laptop sering restart, maka sudah dapat dipastikan bahwa penyebabnya terdapat pada komponen yang tertancap pada mainboard laptop tersebut.

Untuk mengatasinya anda memerlukan keahlian khusus untuk melakukan pengukuran terhadap setiap komponen penyusun motherboard laptop yang menjadi penyebab laptop restart terus menerus. Saran saya sebaiknya anda bawa ke service center yang terpercaya agar bisa ditangai oleh ahlinya.

Demikian artikel tentang cara mengetahui penyebab laptop sering restart sendiri, semoga bermanfaat.