Cara mengatasi laptop tidak bisa instal ulang windows

Hallo para pembaca setia zuhrisoft, pada artikel kali ini saya ingin sedikit bercetita tentang keluh kesah saat mengatasi laptop yang tidak bisa instal ulang windows. Awalnya saya dapat servisan laptop acer denga kasus tidak mau masuk windows.  Kebetulan laptop ini menggunakan OS Windows 8. Saya coba hidupkan, laptop nyala tapi hanya sampai menu utamanya saja dan tidak bisa masuk window sama sekali.

Cara mengatasi laptop tidak bisa instal ulang windows

Setelah tahu kasusnya bahwa laptop ini tidak bisa masuk windows, tentu saya langsung mengambil keputusan untuk menginstal ulang windows. Cara Instal ulang windows bisa anda baca di sini. Akhirnya saya coba Install Ulang Windows nya, namun sampai pada Installing windows, proses hanya berjalan 1 persen padahal instalasi windows sudah berjalan sekian menit.  Lho lho lho kenapa laptop ini tidak bisa instal ulang windows. Sedikit bingung..

Baca juga :

Akhirnya saya mencoba cari cara untuk mengatasi windows yang tidak bisa instal ulang ini. Bongkar Laptop kemudian ambil hard disknya, kebetulan saya punya kabel External drive untuk mengecek kondisi hard disk menggunakan laptop lain. Untuk urusan mengecek kondisi hardisk saya biasanya menggunkan tool HD Sentinel Pro karena hasilnya cukup akurat. Dan pantas saja hardisk tidak bisa diinstal ulang windows ternyata Health nya Cuma 9 % (berada pada zona merah) dan banyak terdapat bad sector di dalamnya. Akhirnya ketemu juga penyebabnya kenapa laptop ini tidak bisa instal ulang windows.

Cara mengatasi laptop tidak bisa instal ulang windows

Kalau kasusnya sudah seperti ini tetap saja hardisk tidak bisa diinstal ulang, sebaiknya dialih fungsinkan saja untuk menyimpan data karena walaupun dicoba instal berkali-kali tetap saja laptop tidak bisa diinstal ulang. Jadi solusi yang tepat untuk mengatasi windows tidak bisa di instal ulang ini adalah mengganti hardisk dengan yang masih normal.

Untung saya masih ada stok hardisk normal untuk mengetes laptop yang tidak bisa diinstal Windows ini. Dan benar saja, cara yang paling tepat untuk mengatasi windows tidak bisa di instal ulang adalah dengan mengganti hardisk menggunakan yang masih normal / layak pakai.

Kesimpulan :

Jika anda mengalami kasus tidak bisa install ulang window pada laptop atau komputer, maka hal yang perlu anda lakukan adalah :
  1. Cabut hard disk laptop anda kemudian cek pada laptop lain menggunakan software yang menurut ada cocok (saya sarankan gunakan HD Sentinel Pro)
  2. Gunakan hard disk lain untuk menginstal windows, jika berhasil maka biang keroknya adalah hard disk laptop anda.

Demikian cara mengatasi dan mendeteksi penyebab laptop tidak bisa instal ulang windows. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.