Pengalaman Mengganti Keyboard Laptop HP Mini

Pada positing kali ini saya ingin sharing sedikit pengalaman mengenai cara mengganti keyboard laptop HP Mini. Beberapa waktu lalu saya dapat servisan laptop hp mini dengan kasus keyboard lengket dan banyak tombol yang tidak bisa berfungsi sama sekali.

Cara mengganti Keyboard Laptop HP Mini

Jika anda jeli memperhatikan posisi keyboard dan letak baut yang menguncinya, sebenarnya mengganti keyboard laptop bukanlah sesuatu yang sulit karena pekerjaan ini masih bisa dilakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan teknisi komputer. Anda masih tidak percaya? silahkan anda buktikan sendiri untuk  mengganti keyboard sendiri dengan bekal Pinset dan Obeng kecil.

Silahkan baca juga :

Laptop HP Mini merupakan notebook dengan ukuran 10" yang merupakan type lawas dari produk HP. Mengganti keyboad laptop HP mini tergolong mudah untuk dilakukan meski anda belum punya banyak pengalaman sekali pun, ini dikarenakan keyboardnya masih terpasang dari luar casing sehingga tidak perlu membongkar semua baut untuk sekedar mengganti keyboard saja.

Jika dibandingkan dengan notebook keluaran sekarang, seperti Asus, Acer dll kebanyakan menggunakan keyboard yang terpasang dari dalam casing, sehingga untuk mengganti keyboard harus membongkar seluruh baut yang terpasang pada casing laptop.

Langkah-langkah Mengganti Keyboard Laptop HP Mini

Lepaskan baterai laptop anda terlebih dahulu, kemudian lepaskan juga penutup casing bagian bawah dengan cara menarik penguncinya yang berwarna orange ke arah kanan pada soket baterai. Perlu anda ketahui bahwa penutup casing bagian bawah ini tidak menggunakan baut, jadi anda tidak perlu susah-susah mencari baut yang akan dibuka.

Cara mengganti Keyboard Laptop HP Mini
 \
Setelah penutup casing terbuka, cari dan buka sebuah baut yang memiliki simbol seperti keyboard, letaknya berdekatan dengan Hard Disk. Untuk lebih detailnya, silahkan lihat pada gambar di bawah ini.

Cara mengganti Keyboard Laptop HP Mini

Setelah anda berhasil membuka bautnya, sekarang cungkil pinggir-pinggir keyboard secara perlahan untuk membukanya. Sebaiknya gunakan alat berbahan plastik agar casing tidak lecet, saya biasa menggunakan plastik bekas kartu perdana untuk membuka keyboard laptop dari dudukannya. Setelah pinggir-pinggir keyboar terbuka, angkat secara perlahan sampai keyboard betul-betul terlepas dari dudukannya.

Berikutnya angkat pengait kabel Flexible keyboard lalu tarik keluar secara perlahan sampai keyboard benar-benar terlepas secara utuh. Nah, sekarang pasangkan keyboard yang masih normal pada dudukan yang telah tersedia, jangan lupa pasang kabel flexible dengan sempurna agar keyboard dapat berfungsi dengan normal. 

Demikian pengalaman singkat yang sering saya lakukan untuk mengganti keyboard laptop. Jika anda berniat mengganti keyboard laptop HP Mini, artikel ini bisa anda jadikan panduan untuk melakukannya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.