Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Ketika sedang asik menggunakan komputer, mungkin anda pernah menerima pesan berupa "Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details" pada komputer Windows 10/8/7. Dan jika anda bermaksud mencari solusi untuk mengatasi pesan tersebut di atas maka posting kali ini merupakan artikel yang tepat untuk anda. Berikut ini saya akan memberikan bagaimana cara mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Script Host pada Windows.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Windows Script Host atau WSH, adalah teknologi Microsoft yang menyediakan kemampuan skrip seperti file batch. Skrip tersebut dapat dijalankan langsung dengan mengetik wscript.exe melalui menu RUN .

Baca Juga :

Beberapa "malware HTML" telah dilaporkan menggunakan objek Windows Script Host, sebagai akibatnya mereka yang tidak memerlukan fitur ini, cenderung menonaktifkannya. Dengan menonaktifkan Windows Script Host, akan mencegah pengguna menjalankan skrip apa pun, termasuk skrip VBScript dan JScript, yang bergantung pada teknologi ini. Namun beberapa perangkat lunak mungkin memerlukan fitur ini untuk diaktifkan.

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Script Host


Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Script Host, ketik regedit.exe pada kotak Run dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.

Arahkan kursor ke menu berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE \ Software \ Microsoft \ Windows Script Host \ Settings

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Pada panel sebelah kanan, double klik pada pilihan Enabled. ketikkan value data menjadi 0, untuk menonaktifkan Windows Script Host pada Windows Anda atau berikan Value Data 1 untuk mengaktifkan Windows Script Host. Nilai 1 akan mengaktifkan Windows Script Host dan Nilai 0 akan menonaktifkan Windows Script Host.

Klik tombol OK untuk keluar dari Registry Editor. Namun jika pada menu tersebut tidak terlihat entri seperti ini, maka Anda bisa membuatnya sendiri, karena Windows Script Host tidak ada secara default pada Windows.

Well, setelah melakukan langkah di atas, sekarang pesan Windows Script Host access is disabled on this machine tidak lagi muncul dan menggangu anda saat bekerja. Jadi, dengan cara ini Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Script Host dengan cukup mudah.

Ok, demikian artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..