Bagaimana cara menghubungkan perangkat Android ke TV menggunakan kabel HDMI

Ada banyak alasan kenapa pengguna smartphone memilih untuk menghubungkan perangkat Androidnya dengan TV. Beberapa diantaranya adalah karena ingin menonton konten QHD atau Full HD yang sudah tentu tidak akan terasa maksimal jika hanya dinikmati dari layar handphone. Selain itu, ada banyak jenis game Android akan lebih asyik dimainkan pada layar yang besa. Dan itulah sebagian besar alasan kenapa pengguna Android lebih memilih untuk menyambungkan perangkatnya ke layar yang lebih besar seperti proyektor, TV, dan lain-lain.

Cara menghubungka Android dengan TV tidaklah sesulit yang anda bayangkan, yang penting anda sudah memiliki beberapa perangkat seperti kabel HDMI, TV dengan Connector HDMI dan tentu saja Smartphone yang akan anda hubungkan ke TV.  Berikut ini saya akan memberikan petunjuk sederhana tentang cara menghubungkan perangkat Android Anda ke TV melalui koneksi kabel HDMI.


Bagaimana cara menghubungkan perangkat mobile ke TV menggunakan kabel HDMI?


Pada tutorial ini saya akan menghubungkan Smartphone Android Merk Samsung ke Televisi dengan bantuan kabel HDMI. Agar dapat terhubung menggunakan koneksi kabel HDMI, maka Anda memerlukan beberapa peralatan berikut ::

1. Kabel HDMI.
2. Adaptor USB OTG (On-The-Go) atau adaptor MHL
3. TV dengan koneksi HDMI
4. Perangkat mobile Anda

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghubungkan Smartphone Android dengan bantuan kabel HDMI :

1. Sambungkan port USB mikro yang terpasang pada adaptor ke perangkat Android Anda.

Menghubungkan HP Android dengan TV

2. Sambungkan catu daya ke adaptor (Anda dapat menggunakan port USB atau steker)

Menghubungkan HP Android dengan TV

3. Sambungkan kabel HDMI ke Adaptor OTG atau MHL Anda

Menghubungkan HP Android dengan TV

4. Sambungkan kabel HDMI ke koneksi HDMI di bagian belakang TV Anda
5. Hidupkan TV Anda dan pilih saluran yang dihubungkan dengan kabel HDMI.

Anda bisa menemukannya dengan menekan tombol Source pada Remote Control. Ini akan memunculkan berbagai jenis saluran input. Pilih saluran HDMI yang Anda sambungkan ke kabel (Jika Anda memiliki lebih dari satu koneksi HDMI dengan HDMI1, HDMI2, silahkan pilih sesuai dengan port HDMI yang anda gunakan).

Jangan lupa baca :

Setelah semua langkah di atas anda lakukan dengan benar. Maka sekarang Anda sudah dapat melihat layar perangkat Android Anda pada layar Televisi. Contohnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Menghubungkan HP Android dengan TV