Cara mengubah tampilan CMD pada Windows


Command Prompt (CMD) merupakan baris perintah penerjemah pada Windows. Perintah CMD biasanya digunakan pada  Sistem Operasi berbasis Text seperti DOS (Disk Operating System). Namun pada Sistem operasi Windows yang merupakan sistem operasi berbasis Graphic juga dapat ditemukan aplikasi CMD.

Baca Juga :

Tampilan CMD memang terkesan membosankan, hanya berwarna hitam saja dengan Teks berwarna putih. Jika anda ingin tampilannya berbeda, berikut ini saya akan bahas sedikit tips untuk mengubah atau memodifikasi tampilan CMD pada Windows. Jangan takut, karena proses ini tidak berpengaruh pada kinerja CMD pada komputer anda. Berikut ulasannya untuk anda!

Cara Mengubah Tampilan CMD pada Windows


1. Tekan Ctrl + R untuk membuka menu RUN lalu ketik CMD dan tekan Enter

Cara mengubah tampilan CMD pada Windows

2. Klik kanan Title Bar lalu pilih Properties

Cara mengubah tampilan CMD pada Windows

3. Klik Tab Color untuk merubah warna background pada CMD

Cara mengubah tampilan CMD pada Windows

4. Pilih Tab Font untuk merubah jenis dan ukuran huruf

Cara mengubah tampilan CMD pada Windows

5. Sekarang lihat hasilnya, CMD yang semula hanya berwarna hitam kini berubah menjadi warna sesuai pilihan anda.

Pada tips di atas saya mengubah tampilan CMD menjadi berwarna Hijau. Dengan mengganti tampilan CMD di atas sama sekali tidak akan berdampak pada sistem kerjanya. Dan untuk mengembalikannya seperti keadaan semula, caranya tinggal klik kanan pada title bar dan pilih Defaults. Jika merasa lebih kreatif lagi, Anda bisa mengganti tampilan CMD dengan yang lebih bagus lagi. Demikian, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat