Penyebab dan cara memperbaiki komputer tiba-tiba mati setelah setting bios

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan pasien sebuah PC agak jadul, Spek Pentium 4, RAM 1 GB. Kasus komputer ini adalah tiba tiba mati setelah melakukan pengaturan pada BIOS. Selama memperbaiki CPU, tumben kali ini saya mendapatkan pasien komputer yang mati tiba-tiba setelah setting BIOS. Selain permasalahan komputer mati sendiri setelah beberapa menit setting BIOS, komputer ini juga tidak bisa masuk windows, yang muncul hanya layar warna hitam. Prediksi saya sih permasalahannya pada Windows, dimana ada beberapa file sistem yang terhapus sehingga menyebabkan komputer tidak bisa masuk Windows.

Setelah melakukan pengecekan, ada dua permasalahan yang terjadi pada komputer ini, pertama komputer mati mendadak setelah dilakukan pengaturan pada BIOS dan yang kedua komputer tidak bisa masuk Windows karena adanya file sistem yang terhapus.

Penyebab dan cara memperbaiki komputer tiba-tiba mati setelah setting bios

Sebelumnya saya juga pernah mendapatkan komputer tiba tiba mati tapi cpu masih hidup dan di layar hanya tampil layar hitam saja. Kebetulan kasus komputer mati seperti ini disebabkan oleh Memory/RAM yang kotor sehingga hanya dengan mencabut dan membersihkan RAM saja permasalahannya sudah bisa teratasi.

Penyebab dan cara memperbaiki komputer tiba-tiba mati setelah setting bios

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Setelah Setting BIOS

Penyebab komputer ini mati tiba-tiba setelah setting BIOS adalah karena Batre CMOS yang sudah rusak sehingga tidak bisa menyimpan pengaturan BIOS. Tanda-tanda ini bisa dilihat saat menghidupkan komputer selalu ada peringatan untuk mengatur BIOS. Dan ini merupakan kali pertama saya menemukan kasus komputer tiba-tiba mati setelah dilakukan pengaturan BIOS.

Setelah mengetahui penyebabnya, maka untuk mengatasi komputer tiba-tiba mati setelah setting BIOS ini adalah dengan mengganti Batre CMOS menggunakan yang masih normal. Setelah itu saya coba untuk mengatur BIOS kembali sesuai dengan tanggal dan jam saat ini, setelah disimpan ternyata komputer kembali normal dan tidak mati lagi.

Penyebab dan cara memperbaiki komputer tiba-tiba mati setelah setting bios

Kemudian untuk kasus yang kedua yakni komputer tidak bisa masuk windows, cara mengatasinya cukup dengan melakukan instal ulang windows, maka permasalahan telah selesai. Namun sebelum intal ulang sebaiknya backup data pada drive C terlebih dahulu agar data tersebut tidak ikut terhapus saat proses intal ulang berlangsung.