Instal Modem Ceria CDMA VIA DTU-450

Hari ini saya dapet servisan Laptop Acer dan modem ceria cdma VIA DTU-450. Permasalahannya sederhana, modem tidak bisa konek ke laptop, itu saja. Namun karena si pemilik kurang mengerti akhirnya di bawah ke tempat saya.

Cara Instal modem Ceria CDMA VIA DTU-450

Dari pengakuan si pemilik, awalnya model tersebut normal-normal saja dan biasa digunakan untuk mengakses internet, namun akhir-akhir ini tidak bisa lagi digunakan untuk koneksi internet.

Cara Instal Modem Ceria CDMA DTU-450


Saya coba masuk ke Device Manager, ternyata belum terdapat driver modem yang terinstal pada laptop tersebut. Berikutnya saya coba instal modem tersebut lengkap dengan aplikasinya. Setelah proses selesai, ternyata driver modem tersebut belum juga muncul pada Device Manager, ada apa kira-kira ini?

Karena penasaran, saya mencoba instal modem pada laptop lain dengan kondisi system operasi (Windows) masih normal.  Hasilnya, modem bisa diinstal dengan sempurna dan dapat terkoneksi internet dengan lancar.

Baca Juga : Instal Modem Huawei E135 di Windows 7

Saya simpulkan bahwa system operasi (Windows) pada laptop tersebut Erorr. Saya berniat untuk melakukan instal ulang laptop tersebut, tapi males backup data dan harus Instal Driver serta program aplikasinya.

Jalan satu-satunya adalah membersihkan System windows dengan TuneUp Utility agar file-file system yang error bisa diperbaiki dan kembali normal. Namun ternyata hal ini tidak membuahkan hasil, modem masih belum bisa digunakan.

Baca Juga : Mengatasi Modem Sierra Wireless AT&T tidak Connect di Windows 7

Jalan terakhirnya adalah saya mencoba mencari driver modem tersebut dari si Mbah Google, siapa tahu ini adalah solusinya. Saya mendapatkan drivernya di blog komputer-qyubi.blogspot.com (kalo filenya telah terhapus, silahkan cari di google lagi ya)

Setelah install driver, ternyata modemnya bisa berjalan dengan lancar dan dapat digunakan untuk mengakses internet seperti biasa. Aku pun lega karena pekerjaan hari ini bisa teratasi dengan sempurna. Semoga bermanfaat…