Cara Mematikan Komputer dengan Cepat

Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis tentang cara shutdown komputer otomatis menggunakan timer. Dan pada artikel ini saya akan membahasa hal yang hampir sama, yakni cara cepat mematikan komputer tanpa harus menunggu terlalu lama.

Baca Juga :

Jika anda pernah mengalami proses yang sangat lama ketika shutdown komputer berlangsung, mungkin tips ini dapat menjadi solusi agar mempercepat shutdown komputer anda. Karena sebagian besar dari kita pasti tidak ingin menunggu lama, apalagi jika sedang buru-buru untuk mengerjakan hal yang lain .

Cara Shutdown / Mematikan Komputer dengan Cepat


Tekan tombol Windows + R untuk menampilkan menu RUN kemudian ketikkan perintah Shutdown.exe -s -f -t 00. Setelah menekan tombol OK, maka komputer atau laptop anda akan shutdown dengan cepat, lebih cepat jika dibandingkan dengan mematikan komputer dengan cara yang biasanya.

Cara Shutdown Komputer dengan Cepat

Berikut adalah arti dari perintah shutdown yang anda ketikkan pada kotak RUN tadi, -S : Memberikan perintah shutdown pada komputer, -F (Force) : memaksa / tetap akan melakukan shutdown meskipun masih ada program yang berjalan, -T (Time) : Memberikan waktu kapan komputer harus melakukan shutdown, 00 : Waktu yang diberikan pada komputer untuk melakukan shutdown.

Namun jika anda ingin tetap melakukan shutdown dengan cepat tanpa harus mengetikkan perintah tersebut, sebaiknya buatkan shortcut shutdown pada komputer anda agar dapat digunakan kapan saja. Berikut adalah langkah-langkah membuat shortcut untuk mematikan komputer dengan cepat.

Klik kanan pada Desktop, pilih New Shortcut

Cara Shutdown komputer dengan cepat

Ketikkan Shutdown.exe -s -f -t 00 di dalam kotak yang muncul

Cara Shutdown komputer dengan cepat

Pilih tombol Next dan berikan nama tombol Shotcut yang akan anda buat. Silahkan berikan nama sesuka anda. Jangan lupa tekan tombol Finish untuk mengakhiri.

Cara Shutdown komputer dengan cepat

Ganti Icon Shortcut Shutdown yang telah anda buat agar lebih terlihat menarik. Caranya Klik kanan Shortcut - Properites - Change Icon. Pilih salah satu icon yang menurut anda paling tepat untuk shortcut anda.

Cara Shutdown komputer dengan cepat

Sampai di sini anda telah berhasil membuat shortcut untuk melakukan shotdown komputer secara cepat. Mulai sekarang jika anda ingin mematikan komputer, cukup tekan shortcut tersebut maka komputer anda akan langsung shutdown dengan cepat..