Cara Membuat Kabel Jaringan LAN Straight dan Cross

Pada kesempatan ini saya ingin  mencoba memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat kabel LAN untuk membangun jaringan komputer. Kabel LAN ini digunakan untuk mengkoneksikan perangkat jaringan komputer seperti NIC (Network Interface Card), switch/hub, router dan perangkat jaringan lainnya.

Peralatan yang digunakan untuk membuat kabel LAN


Cara Membuat Kabel Jaringan LAN Straight dan Cross

Crimping Tool (Tang Krimping), alat ini berbentuk seperti tang yang berfungsi untuk mejepit konektor RJ45 agar menyatu dengan kabel UTP. Sebaiknya gunakan tang krimping dengan kualitas yang bagus agar hasilnya lebih kuat.

Cara Membuat Kabel Jaringan LAN Straight dan Cross

Konektor RJ45, ini adalah konektor yang akan dipasang pada kedua ujung kabel UTP
kemudian dijepit menggunakan tang crimping agar pin pada konektor menyatu dengan kabel.

Cara Membuat Kabel Jaringan LAN Straight dan Cross

Kabel UTP/Kabel LAN, merupakan salah satu jenis kabel LAN yang digunakan untuk membuat jaringan komputer, di dalamya terdapat 8 buah kabel yang akan dipasang pada konektor dan diurutkan berdasarkan urutan warna kabel LAN yang akan dibuat.

Cara Membuat Kabel Jaringan LAN Straight dan Cross

LAN Tester, setelah membuat kabel LAN, maka alat ini lah yang perlu digunakan untuk menguji bahwa kedua ujung kabel LAN ini benar-benar terpasang dengan sempurna pada konektor RJ45.

Urutan Warna Kabel LAN


Sebelum mulai membuat kabel jaringan, anda harus tahu dulu susunan warna kabel LAN yang akan anda buat. Urutan warna kabel LAN yang biasa digunakan ada dua jenis yakni kabel LAN straight dan kabel LAN cross.

1. Urutan Warna Kabel Straight


Kabel straight memiliki susunan warna yang sama pada kedua ujungnya. Fungsi Kabel LAN straight adalah untuk menghubungkan dua perangkat jaringan yang berbeda, misalnya menghubungkan Switch ke Komputer, Switch ke Router dan lain-lain. Urutan kabel straight yang biasa digunakan adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Cara Membuat Kabel Jaringan LAN Straight dan Cross

2. Urutan Warna Kabel Cross


Kabel cross over merupakan kabel jaringan yang memiliki susunan warna berbeda antara ujung kabel yang satu dengan ujung yang lainnya. Kabel cross digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan yang sama, misalnya : menghubungkan computer ke computer, switch  to switch, switch to hub dan lain-lain. Berikut adalah susunan warna kabel LAN Cross.

Cara Membuat Kabel Jaringan LAN Straight dan Cross

Cara Membuat kabel Straight dan Cross


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kita akan membuat kabel LAN ini menggunakan kabel UTP dibantu dengan beberapa peralatan pendukung lainnya seperti Connector RJ-45, Crimping tools dan LAN Tester. Berikut adalah langkah-langkah membuat kabel LAN Straight dan Cross:

1. Membuat Kabel LAN Tipe Straight


Langkah-langkah membuat kabel LAN jenis Straight adalah sebagai berikut :
Silahkan potong pembungkus kabel sepanjang 2 cm sampai kabel kecil di dalamya terlihat. Pisahkan kabel-kabel kecil tersebut kemudian luruskan. Urutkan berdasarkan susunan warna kabel Straight yakni Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Jangan lupa potong ujungnya sedikit menggunakan crimping tool agar semuanya rata dan mudah dimasukkan ke dalam connector RJ45.

Urutan Warna kabel LAN jenis straight dapat dari pin 1 sampai pin 8 dapat anda lihat pada gambar di atas. Jika anda merasa kabel telah tersusun rapi, masukkan kabel tersebut ke dalam connector RJ45 dimulai dari Pin 1. Pin 1 terletak di sebelah kiri. Jika pin tersebut menghadap ke arah anda maka urutannya adalah pin 1 dari kiri ke kanan sampai dengan pin terakhir. Masukkan kabel tersebut sampai ujungnya benar-benar mentok di dalam connector RJ45.

Baca Juga :

Masukkan konector RJ45 yang telah dipasangkan dengan kabel LAN ke dalam crimping tool lalu jepit jack tersebut sampai semua pin konektor tertancap pada kabel. Kini anda telah berhasil memasang konektor RJ 45 pada salah satu ujung kabel UTP, silahkan ulangi langkah tersebut pada ujung yang satunya, caranya persis sama seperti yang pertama.

Setelah kedua ujung kabel tersebut terpasang konektor RJ45, sekarang lakukan pengetesan terhadap kabel LAN yang telah dibuat tadi menggunakan LAN tester. Jika lampu indikator pada LAN tester menyala dari nomor 1 dampai 8 berarti anda telah berhasil membuat kabel LAN.

Namun jika ketika melakukan pengetesan, ada lampu indikator yang tidak menyala berarti pada pin tersebut terjadi trouble, mungkin pin nya kurang nyentuh pada kabel, untuk mengatasinya coba jepit ulang menggunakan crimping tool, jika tidak berhasil maka anda harus memasang ulang konektornya.

2. Membuat Kabel LAN Tipe Cross


Cara membuat kabel LAN tipe Cross ini sebenarnya sama saja dengan type straight, perbedaan kabel cross dan kabel Straight hanya pada susunan kabelnya saja. Pada kabel straight susunan kabelnya sama pada kedua ujungnya sedang type cross urutan kabel yang satu dengan yang lainnya berbeda.Susunan Warna kebel Cross dapat anda lihat pada gambar di atas.

Jika dilakukan pengetesan menggunakan LAN tester pada kabel Cross, lampu led 1, 2, 3 dan 6 akan saling bertukar. Sedangkan untuk kabel straight nyalanya berurutan. Namun intinya ketika melakukan pengetesan semua led harus menyala mulai dari nomor 1 sampai dengan 8.

Setelah kabel LAN berhasil dibuat maka anda sudah siap untuk membangun jaringan komputer dan anda tinggal memasang kabel LAN ke komputer dengan mencolokkan masing-masing ujung kabel ke port LAN yang telah tersedia di tiap-tiap komputer dan ujung satunya lagi masuk ke switch atau hub sebagai terminalnya.

Demikian cara membuat kabel jaringan LAN Straight dan Cross. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.