Cara Menghubungkan dua buah PC dengan Kabel UTP

cara membuat jaringan komputer

Menghubungkan dua buah PC (Personal Computer) bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit atau lumrahnya kita sebut dengan membuat jaringan komputer. Dengan bermodalkan dua buah PC dan kabel UTP dengan susunan kabel cross maka sobat sudah bisa membuat jaringan komputer sederhana. Kabel Cross bisa sobat buat sendiri atau langsung membelinya di toko-toko komputer.

Untuk membuat sebuah jaringan komputer, maka pada kedua komputer harus sudah terpasang LAN Card (Local Area Network Card). Jika pada mainboard sudah ada yang On Board maka tak perlu lagi anda pasang LAN Card.

Baca Juga : Cara mudah membuat kabel jaringan

LAN Card merupakan kartu jaringan sebagai tempat menancapkan masing-masing kabel jaringan. Agar jaringan komputer yang akan dibuat berjalan normal, sebaiknya gunakan Sistem Operasi yang sama, agar lebih seragam dalam mensetting IP Adress nya.

Cara Membuat Jaringan Komputer Sederhana


Tancapkan kabel UTP (Kabel Jaringan) pada LAN Card kedua komputer dan pastikan lampu indikator pada kedua LAN Card menyala yang menandakan bahwa komputer tersebut sudah terhubung.

Klik Start - Control Panel - Network and Internet Connection - Network Connection - klik kanan pada Local Area Network lalu pilih Properties

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop

Pilih Internet Protocol (TCP/IP) lalu tekan tombol Properties, klik pada Use The Following Ip Address kemudian isikan IP Address : 192.168.0.1 dan Subnet mask : 255.255.255.0 lalu pilih OK untuk mengakhiri.

cara membuat jaringan komputer sederhana 

Ulangi langkah-langkah di atas pada komputer ke dua, ganti Ip Addressnya menjadi 192.168.0.2. Ip Address harus unik tidak boleh sama antara komputer yang satu dengan yang lainnya dalam satu jarigan. Pada Subnet Mask isikan angka yang sama : 255.255.255.0

Baca Juga : Cara Menghubungkan 2 laptop dengan wifi

Selanjutnya samakan Workgroup pada komputer pertama dan komputer kedua, caranya klik kanan My Computer - Properties - Computer Name - Change - Workgroup. Jika sobat menulis "ENJOY" pada Workgroup komputer pertama maka pada komputer kedua juga harus diisi "ENJOY"

cara Membuat jaringan Komputer 

Restart kedua komputer tersebut supaya jaringan berjalan lancar dan siap untuk digunakan. Untuk menguji apakan jaringan telah berjalan atau tidak, ketikkan "Ping 192.168.0.2" melalui cmd dari komputer pertama atau ketikkan "Ping 192.168.0.1" melalui komputer kedua. Jika terdapat reply dari masing-masing komputer, maka proses membuat jaringan komputer ini telah berhasil.

Demikian tutorial tentang cara membuat jaringan komputer menggunakan dua buah PC dan kabel cross. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.