Cara Mengatasi Tombol "Fn" Aktif Terus pada Laptop

Cara Mengatasi Tombol "Fn" Aktif Terus di Laptop dan Notebook

Kasus ini berawal ketika waktu itu saya menjual sebuah Notebook merk Acer D270 pada seorang teman dengan Sistem Operasi Windows 8. Awalnya tidak ada masalah dengan notebook tersebut, akan tetapi setelah beberapa hari notebook tersebut di tangan si teman tadi, dia bilang "keyboardnya ini banyak yang error bro, bagaimana cara mengatasinya".

Baca Juga :

Karena penasaran, saya suruhlah si teman tadi membawa balik notebook tersebut. Setelah saya cek Sistem Operasinya telah diganti menggunakan Windows 7, kemudian saya coba tekan tombol "U" yang muncul malah angka "4", saya coba lagi tekan tombol  "J" yang muncul malah angka "1".

Cara Mengatasi Tombol "Fn" Aktif Terus pada Laptop


Setelah melihat dari gejala tersebut saya yakinkan bahwa permasalahan ada pada tombol Fn yang aktif terus dengan tombol Num Lock "F11". Akhirnya saya coba untuk menonaktifkan Num Lock nya yang sedang aktif dengan menekan tombol kombinasi Fn + F11 (tiap laptop mungkin berbeda tombol kombinasinya tergantung letak tombol Num Lock nya).

Cara Mengatasi Tombol "Fn" Aktif Terus di Laptop dan Notebook

Ternyata langkah tersebut belum bisa mengatasi permasalahan yang dihadapi notebook Acer D270 ini. Padahal sebagian besar tutorial yang saya baca hasil browsing dari google mengatakan permasalahannya cuman pada tombol Fn yang aktif terus. Saya merenung sejenak, "apa mungkin Sistem Operasinya juga bisa berpengaruh terhadap kasus tersebut".

Entah dari mana datangnya Ide ini, saya akhirnya mencoba untuk menjalankan notebook ini melalui Safe Mode (caranya tekan F8 ketika laptop baru mulai dinyalakan lalu pilih Safe Mode). Karena penasaran, saya langsung coba tekan tombol-tombol yang tidak mau dinonaktifkan Numlock nya tadi dan ternyata pada Safe Mode ini semua tombolnya normal tanpa harus menekan kombinasi Fn + F11 terlebih dahulu.

Akhirnya keyakinan saya semakin kuat bahwa permasalahan ada pada Sistem Operasi (Windowsnya) dan langkah yang paling tepat untuk mengatasi tombol Fn yang selalu aktif ini adalah dengan jalan Install Ulang Windows sembari berdoa supaya ini benar-benar bisa menyelesaikan masalahnya. Benar saja, setelah saya lakukan Install Ulang semuanya jadi normal, kini tombol Fn dan Numlock tidak lagi jadi masalah.

Demikian sekelumit cerita singkat saya yang bisa dijadikan tutorial untuk mengatasi tombol Fn yang aktif terus pada laptop/notebook.