Cara Reset Printer Canon IP2770

Pada tutorial kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang cara Reset Printer Canon IP2770 . Semua jenis printer canon baik yang multifungsi maupun yang single fungsi memiliki batas jumlah pencetakan, sehingga jika batas pencetakan tersebut telah penuh maka printer tersebut harus direset agar kembali ke posisi awal dan bisa digunakan kembali.

Gejala yang harus diketahui sebelum reset printer canon IP2770


Indikasi awal Printer canon ip2770 yang ingin direset adalah ketika pertama kali dihidupkan lampu indikator pada Tombol Power dan Resume akan menyala secara bergantian tanpa ada pergerakan sedikitpun pada cartridge dan di layar monitor akan muncul kode Error 5B00 (Absorb Full) seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Jika muncul hal semacam ini anda tidak perlu panik, bisa dipastikan hanya dengan Reset Printer Canon IP2770 tersebut maka masalah sudah dapat diatasi.

cara reset printer canon ip2770

Persiapan sebelum reset Printer Canon IP2770


Sebelum anda mulai melakukan proses Reset Printer Canon IP2770, Instal driver printer tersebut pada komputer atau laptop anda dan pastikan juga anda telah memiliki software resetter yang compatible dengan type printer yang akan direset. Untuk mendownload Software Resetter Canon IP2770 klik di sini dan drivernya silahkan cari di link ini.

Cara Reset Printer Canon IP2770


1. Matikan printer, biarkan kabel power dan kabel USB tetap terpasang pada printer
2. Tekan dan tahan Tombol Resume selama beberapa detik kemudian tekan dan tahan Tombol Power lalu lepaskan tombol resume.
3. Masih dalam keadaan tombol power ditekan. Tekan Tombol Resume sebanyak 6x (enam kali) maka lampu indikator pada printer akan menyala bergantian kemudian lepaskan tombol Power dan Resume secara bersamaan maka printer akan masuk ke Service Mode.
4. Printer secara otomatis akan mendeteksi driver baru, abaikan saja jika ada menu yang tampil karena printer sudah masuk pada service mode.
5. Letakkan selembar kertas pada printer tray, karena ketika proses reset printer berlangsung secara otomatis printer akan mencetak selembar kertas
6. Jalankan Software resetter yang telah anda download tadi.
7. Tekan tombol "Set" pada bagian Set Destination, tunggu beberapa detik sampai proses selesai.
8. Tekan tombol "Set" pada Clear Ink Counter maka printer akan mencetak satu halaman
9. Terakhir tekan tombol "Set" pada Ink Absorber Counter.

Jika anda masih bingung mengikuti langkah nomor 7 - 9, silahkan lihat gambar service tool printer canon IP2770 yang saya beri tanda lingkaran merah di bawah ini

cara reset printer canon ip2770

Setelah proses reset printer canon ip2770 selesai, matikan printer anda dengan menekan tombol Power, kemudian hidupkan kembali printer tersebut. Biasanya printer akan membaca cartridge baru pada printer, ini merupakan efek dari proses reset printer tadi, tekan saja Tombol Resume yang  berkedap kedip warna orange sampai berubah menjadi warna hijau, maka proses reset printer canon ip2770 tersebut telah berhasil  dan sudah siap untuk digunakan kembali.

Baca Juga :

Hal-hal yang dapat Menggagalkan Proses Reset Printer Canon IP2770


IC Counter Rusak/Error


Kasus ini pernah saya alami, tanda IC Counter yang rusak adalah ketika proses reset manual dilakukan  (menekan tombol resume 6x) printer tidak mau masuk ke Service Mode malah akan tetap berkedap kedip warna orange, untuk mengatasi hal ini anda harus mengganti IC Counter pada mainboard printer tersebut caranya silahkan baca pada artikel saya yang satu ini.

Software Resetter yang digunakan tidak Kompatible


Anda harus memastikan bahwa resetter yang digunakan adalah Software resetter yang betul-betul kompatible dengan type printer yang akan direset dan sebaiknya gunakan versi resetter yang terbaru karena pada beberapa kasus software resetter yang lama tidak bisa digunakan. Saran saya gunakan software resetter V3400, karena versi ini selalu berhasil saya gunakan untuk reset printer canon ip2770.

System Operasi / Windows Normal (Fresh Install


Pastikan juga bahwa windows anda betul-betul normal, karena jika ada file system yang error ini bisa menjadi penyebab gagalnya proses reset printer canon ip2770. Jadi jalan satu-satunya adalah Instal Ulang Windows anda atau gunakan komputer/laptop yang masih memiliki Windows yang Normal.

Demikian tutorial sederhana tentang cara reset printer canon ip2770, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung, silahkan berikan pertanyaan pada kolom komentar.