Cara Melihat Spesifikasi Laptop yang perlu anda ketahui

Mengetahui Spesifikasi laptop merupakan sesuatu yang sangat penting, karena sekarang sudah merupakan zaman dimana teknologi informasi telah berkembang dengan pesat. Terlebih sekarang banyak yang jual beli laptop second, agar tidak mudah tertipu maka kita harus benar-benar jeli mengidentifikasi spesifikasi laptop.

Cara Melihat Spesifikasi laptop memang bisa dengan membaca sticker yang tertempel pada laptop tersebut, namun dengan melakukan hal tersebut tentu tidak cukup, karena meskipun sudah memiliki sticker spesifikasi belum tentu isinya sama dengan yang sebenarnya.

Berikut ini saya berikan sedikit tips untuk Mengetahui Spesifikasi Laptop agar dapat mempermudah anda dalam menentukan pilihan jika ingin membeli sebuat laptop.

Melihat Spesifikasi laptop melaui DirectX Diagnostic Tool


Caranya ekan tombol Windows + R  untuk menampilkan Menu Run, lalu ketikkan Dxdiag maka akan muncul menu DirectX Diagnostic Tool seperti gambar di bawah. Dari menu ini informasi, Spesifikasi Laptop sudah cukup jelas mulai dari System Manufacturer, Model, Processor, Memory (RAM) dan lain-lain. Untuk melihat jenis VGA yang digunakan pilih pada Tab Display dan jenis perangkat suaranya pilih pada Tab Sound.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC, baik RAM, CPU, dan GPU

Mengetahui Spesifikasi Laptop melalui View Basic Information


Caranya klik menu Start - Control Panel - System and Security - System, dari menu tersebut maka akan muncul informasi standart tentang Spesifikasi Laptop, mulai dari  Jenis Processor, kapasitan Memory, edisi windows sampai dengan kondisi aktivasi windows saat ini. Untuk lebih jelasnya bisa dlihat pada gambar di bawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Paling Akurat

Cara Cek Spesifikasi Laptop Melalui System Information


Pada menu Start pilih All Program -  Accessories - System Tool - System Information. Pilih pada System Summary dan lihat informasi detail tentang Spesifikasi laptop anda pada kotak sebelah kanan, jika ingin melihat informasi lainnya pilih pada bagian Harware Resource, Components dan Software Environment.

Cara Mudah Mengecek Spesifikasi Komputer atau Laptop

Cara Melihat Kapasitas Hardisk Pada Komputer/Laptop


Khusus untuk kapasitas hard disk tidak bisa dilihat dengan ketiga cara di atas. Jadi harus dicek melalui Windows Explorer dengan cara klik kanan Start Menu lalu pilih Open Windows Explorer. Klik Computer untuk melihat kapasitas hard disk pada masing-masing drive dan lihat hasilnya pada tab sebelah kanan. Jumlahkan Total Size pada masing-masing drive untuk mendapatkan kapasitas hard disk secara keseluruhan.

Cara mengetahui Kapasitas/ukuran Hard Disk Komputer

Tutorial ini menggunakan System Operasi Windows 7, untuk sistem operasi yang lainnya saya rasa tidak jauh berbeda, mungkin malah lebih mudah dari ini.

Demikian tutorial sederhana mengenai cara melihat spesifikasi laptop, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Mudah Instal Windows 7