Cara Paling Mudah mengubah JPG ke PDF

Ada banyak cara yang bisa kita lakuan untuk mengubah file JPG ke PDF, bisa dilakukan secara online maupun offline. Untuk mengubah JPG ke PDF secara online, tentu Anda membutuhkan koneksi internet dan ini saya anggap membutuhkan waktu agak lama karena harus upload filenya dulu dan disarankan memiliki koneksi yang lumayan cepat agar memproleh hasil yang cepat juga.

Cara Merubah File JPG ke PDF

Di tutorial ini saya akan membahas cara mengubah Gambar hasil scan ke dalam bentuk PDF secara offline mengunakan aplikasi portable yang sangat kecil bernama ImageToPDForXPS. Silahkan download aplikasi konversi gambar ke pdf ini pada link di bagian akhir postingan ini. Cara ini merupakan cara yang tercepat dan termudah yang pernah saya coba. Jika sobat tertarik untuk mencobaya? silahkan simak caranya berikut ini:

Baca Juga :

Persiapan Convert JPG to PDF


Siapkan terlebih dahulu file JPG yang akan dirubah menjadi PDF. Sebenarnya tidak hanya format JPG saja yang didukung oleh aplikasi ImageToPDForXPS ini, akan tetapi juga bisa digunakan untuk format PNG, GIF, BMP, TIF dan lain-lain. Output yang dihasilkan juga tidak hanya berbentuk PDF saja melainkan juga mendukung output dalam bentuk XPS.

Proses Merubah File JPG ke PDF dengan ImageToPDForXPS


Setelah sobat download aplikasinya, silahkan diextract dulu agar lebih mudah untuk digunakan. Sobat tak perlu repot-repot menginstal aplikasi ini karena aplikasi ini berbentuk portable. Klik dua kali pada hasil extract tadi sampai muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Cara Merubah File JPG ke PDF

Sebelum memulai melakukan convert jpg ke pdf, tentukan dulu ukuran yang akan digunakan pada Unit of Measure, apakah ingin memakai inch, cm, atau mm. Outputnya pun bisa diatur apakah pdf atau xps, namun karena tutorial ini membahas tentang cara merubah jpg ke pdf maka klik saja pada pilihan pdf.

Pada bagian Output Path, silahkan sobat tentukan Folder yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan hasil Convert JPG ke PDF. Tentukan juga jenis file yang akan dihasilkan nanti, Multiple untuk membuat satu file jpg menjadi satu file pdf, sedangkan Single untuk membuat banyak file jpg menjadi satu file pdf.

Klik pada tombol Add Files untuk memasukkan file gambar, bisa dilakukan satu per satu atau langsung banyak sekaligus. Tekan tombol Save Output untuk memulai proses mengubah File JPG ke PDF, proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja setelah itu file pdf akan langsung tersimpan di folder yang telah disetting pada Output Path.

Cepat dan Mudah bukan! Jika sobat merasa atikel ini bermanfaat silahkan share agar orang lain juga dapat memetik manfaatnya. Demikian artikel cara Paling Mudah Mengubah file JPG ke PDF, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!!.

Download Image To PDF or XPS
 Download Aplikasi JPG to PDF