Cara mudah Memeriksa Kondisi Hard Disk Menggunakan CMD

Hard disk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat penyimpan data dan aplikasi pada sebuah komputer. Hard Disk merupakan salah satu perangkat vital pada sebuah computer, tanpa adanya hard disk maka kita tidak bisa menyimpan data dan menginstal aplikasi. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kondisi hard disk harus benar-benar dalam keadaan prima sehingga performa komputer bisa lebih maksimal.

Untuk mengetahui kondisi hard disk, anda dapat memanfaatkan tool seperti Hd Sentinel atau pun aplikasi lainnya. Cara yang paling sederhana untuk mengetahui kondisi hard disk adalah menggunakan Command Promt (CMD) yang sudah ada pada komputer dengan System Operasi Windows. Berikut ini akan saya uraikan cara mengetahui kondisi hard disk menggunakan cmd.

Baca Juga :

Cara mengetahui kondisi hard disk menggunakan cmd

1. Pada kotak pencarian Ketikkan CMD, kemudian pada list result klik kanan cmd lalu pilih Run as Administrator 

Cara Memeriksa Kondisi Hard Disk Menggunakan CMD

2. Ketikkan chkdsk pada cmd kemudian tekan enter untuk memulai proses pengecekan kondisi hard disk

Cara Memeriksa Kondisi Hard Disk Menggunakan CMD

3. Tunggu sampai proses memeriksa hard disk selesai. Lama pemeriksaan tergantung dari besarnya kapasitas hard disk dan kondisi hard disk itu sendiri.

Cara Memeriksa Kondisi Hard Disk Menggunakan CMD

4. Hasil pemeriksaan kondisi hard disk menggunakan cmd kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini. Silahkan anda baca hasilnya, jika hard disk mengalami bad sector, maka pada hasil pemeriksaan tersebut akan terlihat jumlah bagian hard disk yang terkena bad sector.

Cara memeriksa kondisi hard disk menggunakan CMD

Untuk memeriksa partisi hard disk yang lain, ketikkan chkdsk partisi yang ingin dicek, contoh chkdsk D. Dengan mengetahui kondisi hard disk tentu kita dapat melakukan hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya membackup data hard disk jika sudah mulai mengeluarkan suara, komputer berjalan lambat, mengalami blue screen atau file corrupt.

Demikian tutorial sederhana tentang cara mengetahui kondisi hard disk menggunakan CMD, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.