Cara cek kondisi hard disk dengan software hdsentinel pro

Hard Disk Sentinel Pro merupakan software yang dapat digunakan untuk mendiagnosa Hard Disk pada komputer. Software ini terdiri dari dua versi yakni versi portable dan versi installer. Selain bisa digunakan untuk hard disk, Hard Disk Sentinel Pro juga bisa digunakan untuk mendiagnosa kondisi Flashdisk maupun kartu memory.

Di artikel ini saya akan menjelaskan cara cek kondisi hard disk menggunakan HD Sentinel versi portable agar prosesnya lebih cepat dan gampang. Versi Portable ini berisi semua tes, fungsi diagnostik, berberapa pilihan dan fitur dari Hard Disk Sentinel Professional, kecuali beberapa fungsi yang hanya berlaku untuk versi installer (berjalan otomatis dengan Windows, penggunaan modus Service, mengkonfigurasi data lokasi folder).

Baca Juga :

Software ini merupakan aplikasi berbayar jadi memerlukan lisensi untuk dapat menggunakannya secara penuh. Akan tetapi menurut saya menggunakan versi trialnya saja sudah sangat membantu mengetahui kondisi hard disk. Jika sobat belum punya softwarenya silahkan download Hard Disk Sentinel Pro Portable secara gratis.

Cek Kondisi Hard Disk dengan HD Sentinel Pro Portable

Buka file rar yang telah didownload sebelumnya kemudian klik dua kali pada file bernama HDsentinel.exe

Cara Memeriksa Kondisi Hard Disk Menggunakan HD Sentinel

Melihat Performa Had Disk pada Tab Overview

Pada Tab Overview akan ditampilkan Performa dan tingkat kesehatan hard disk, jika hard disk bad sector maka di sini juga akan ditampilkan informasinya.

Melalui tab ini saja kita sudah tau bagaimana kondisi hard disk pada komputer yang sedang kita gunakanan, karena pada tab ini ditampilkan performa dan tingkat kesehatan hard disk, ditambah juga dengan informasi mengenai temperature yang memberikan informasi mengenai suhu detail pada hard disk.

Cara Memeriksa Kondisi Hard Disk Menggunakan HD Sentinel

Mengetahui Suhu Hard Disk pada Tab Temperature

Untuk mengetahui suhu hard disk akan ditampilan secara detail pada tab ini, mulai dari suhu hard disk saat ini, suhu rata-rata sampai dengan suhu maksimumnya.

Cara Memeriksa Kondisi Hard Disk Menggunakan HD Sentinel

Melihat Informasi Hard Disk Secara Detail pada Tab Information

Semua informasi tentang hard disk dapat ditemukan pada tab ini. Menariknya lagi, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa fitur  hard disk seperti :
  • Fitur Acoustic (tingkat akustik yang lebih tinggi akan memungkinkan hard disk bekerja lebih cepat (tapi suaranya lebih keras). Tetapi jika disetting pada tingkat yang lebih rendah, hard disk akan bekerja lebih lambat dan tidak bersuara.)
  • ATA / fitur SATA
  • Fitur SSD
  • Rincian SMART
  • Mode aman

Cara Memeriksa Kondisi Hard Disk Menggunakan HD Sentinel

Untuk mengetahui kondisi hard disk dan informasi lainnya, bisa sobat lihat pada Tab lainnya silahkan sobat coba sendiri, saya yakin sangat mudah untuk dilakukan karena informasi yang diberikan oleh software yang satu ini cukup detail dan mudah untuk dipahami.

Baca ini juga :

Demikian tutorial sederhana tentang Cara cek kondisi hard disk dengan software hdsentinel pro, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.