Solusi Laptop Tiba-tiba Mati Total

Solusi Laptop Tiba-tiba Mati Total => Laptop merupakan perangkat computer portable atau sering juga disebut sebagai computer jinjing yang dibuat dengan desain minimalis agar gampang untuk dibawa kemanapun, ini sangat memberikan kemudahan bagi pengguna komputer yang memiliki mobilitas tinggi.

Cara mengatasi laptop mati total

Keberadaan laptop sungguh sangat memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pengguna computer. Betapa tidak, dengan munculnya laptop seolah orang-orang tidak lagi mau melirik computer yang biasa digunakan di rumah. Mereka lebih memilih laptop karena ukurannya yang lebih kecil sehingga gampang untuk ditenteng kemana saja.

Dengan ukuran yang lebih kecil dan gampang dibawa ini menjadikan laptop lebih gampang rusak dibandingkan dengan PC, penyebabnya bisa karena guncangan dan tekanan pada laptop yang tidak kita sadari ketika membawanya di dalam tas, apa lagi jika tidak sertakan dengan pengaman tambahan seperti softcase tentu ini dapat menyebabkan kerusakan pada laptop. Kerusakan terparah yang sering terjadi adalah laptop tiba-tiba mati total.

Ketika menemukan permasalahan laptop tiba-tiba mati total, anda jangan terburu-buru membawanya ke tempat service. Karena ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi laptop mati total sebelum dibawa ke service center.

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Total

Angin-anginkan Batre dengan mencabut dan Pasang Kembali Baterai Laptop

Cara yang pertama ini cukup mudah untuk anda lakukan, cabut batre laptop anda kemudian angina-anginkan beberapa detik lalu pasang kembali. Biasanya jika laptop tidak mengalami kerusakan yang begitu parah, cara ini sudah bisa membantu anda menangani laptop yang tiba-tiba mati total.

Nyalakan laptop tanpa menggunakan baterai (hanya memakai charger)

Apabila langkah pertama belum dapat menyelesaikan masalah pada laptop anda, hal yang mesti anda lakukan adalah hidupkan laptop tanpa baterai atau hanya menggunakan charger saja. Cara ini berfungsi untuk menguji apakah baterai laptop yang mengalami kerusakan. Jika setelah dinyalakan menggunakan charger ternyata laptop hidup normal sudah dapat dipastikan bahwa penyebab laptop tiba-tiba mati total adalah batre.

Jika hal tersebut terjadi satu-satunya solusi adalah mengganti batre laptop dengan yang normal. Namun jika ingin lebih menghemat biaya anda dapat membongkar batre laptop tersebut kemudian mengganti beberapa batre-batre kecil yang ada di dalamnya dengan yang normal.

Cabut dan Pasang Memory Laptop Anda

Jika kedua cara di atas telah dicoba namun tidak juga membuahkan hasil, langkah berikutnya adalah membongkar laptop lalu cabut memory yang tertancap pada motherboard. Bersihkan bagian memory laptop yang berwarna tembaga dengan cara menggosoknya menggunakan penghapus pensil lalu pasang kembali memory tesebut dan hidupkan kembali laptop anda. Biasanya cara ini dapat membatu mengatasi laptop tiba-tiba mati sendiri. Jika belum berhasil juga, lakukan pengetesan menggunakan memory lain yang normal dan dengan jenis yang sama sebab jika jenisnya berbeda memory tersebut tidak dapat digunakan untuk melakukan pengetesan.

Ganti Processor

Lakukan penggantian pada processor menggunakan type yang didukung oleh motherboard laptop anda, kemudian hidupkan laptop seperti biasa. Apabila laptop berhasil hidup, maka sudah dapat dipastikan kerusakan terdapat pada processor tersebut.

Bongkar Laptop dan Bersihkan

Pada laptop yang tidak pernah dibongkar biasanya akan terdapat banyak debu yang menggumpal dan menyebabkan laptop cepat panas bahkan dapat menjadi penyebab laptop mati total. Bersihkan debu yang banyak menempel pada motherboard laptop anda. Untuk memborkarnya tentu saja bukan perkara sulit, karena hanya bermodalkan obeng ukuran kecil dan ditambah dengan kehati-hatian saja anda sudah dapat membongkar laptop sendiri.

Jika debu-debu pada motherboard telah dibersihkan namun laptop tidak bisa dinyalakan juga. Cabut semua perangkat laptop yang bisa dibongkar pasang seperti Hard Disk, CD Room, Wifi dan lain-lain. Pasang perangkat tersebut satu persatu lalu nyalakan laptop untuk mendeteksi apakah ada salah satu dari perangkat - perangkat tersebut yang konslet dan menyebabkan laptop tiba-tiba mati total.

Perhatikan juga kabel-kabel flexible kecil yang terhubung ke motherboard, karena saya pernah menemukan kasus laptop mati total yang disebabkan oleh kabel flexible konslet.

Setelah semua langkah di atas anda lakukan namun tidak juga membuahkan hasil, maka sudah bisa dipastikan kasus laptop mati total ini disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada motherboard laptop anda, entah itu kerusakan pada jalur, BIOS atau bahkan Chipset nya. Jika anda buka seorang spesialis laptop tentu ini akan menjadi perkara yang sulit, maka sebaiknya serahkan laptop anda ke laptop service center yang terpercaya.