Cara Menggunakan Rumus Left, Right dan Mid pada Excel

Fungsi Left, Right dan MID pada Microsoft Excel adalah rumus excel yang digunakan untuk mengambil karakter pada cell tertentu. Left digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah kiri, Right dari kanan dan Mid untuk mengambil karakter dari tengah.

Menggunakan Fungsi Left pada Microsoft Excel

Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa Fungsi Left merupakan rumus excel yang digunakan untuk mengambil atau karakter dari bagian kiri.
Cara Penulisan fungsi Left adalah =LEFT(Teks,Jumlah_Karakter)
Teks merupakan data pada cell yang akan diambil karakternya
Jumlah_Karakter : jumlah karakter yang akan diambil dari Teks

Contoh Cara Menggunakan Fungsi Left pada Microsoft Excel

rumus rumus microsoft excel

Berikut adalah penejelasan cara penulisan fungsi left dari gambar di atas :
LEFT (A2,1) artinya mengambil karakter dari sebelah kiri pada cell A2 sebanyak satu karakter sehingga karakter yang dihasilkan adalah huruf A
LEFT (A3,2) artinya mengambil karakter dari sebelah kiri pada cell A3 sebanyak dua karakter sehingga karakter yang dihasilkan adalah huruf KA
LEFT (A4,3) artinya mengambil karakter dari sebelah kiri pada cell A4 sebanyak tiga karakter sehingga karakter yang dihasilkan adalah huruf KAL

Baca Juga Cara Membuat fungsi terbilang pada Microsoft Excel

Menggunakan Fungsi Right pada Microsoft Excel

Ini merupakan kebalikan dari fungsi Left, yakni rumus excel yang digunakan untuk mengambil karakter dimulai dari bagian kanan.
Cara penulisan fungsi right adalah =Right(Teks,Jumlah_Karakter)
Teks merupakan data pada cell yang akan diambil karakternya
Jumlah_Karakter : jumlah karakter yang akan diambil dari Teks
Contoh cara penggunaan Fungsi Right pada Microsoft Excel

rumus rumus excel beserta fungsinya

Berikut adalah penejelasan cara penulisan fungsi Right dari gambar di atas :
RIGHT (A2,1) artinya mengambil karakter dari sebelah kanan pada cell A2 sebanyak satu karakter sehingga karakter yang dihasilkan adalah huruf U
RIGHT (A3,2) artinya mengambil karakter dari sebelah kanan pada cell A3 sebanyak dua karakter sehingga karakter yang dihasilkan adalah huruf MU
RIGHT (A4,3) artinya mengambil karakter dari sebelah kanan pada cell A4 sebanyak tiga karakter sehingga karakter yang dihasilkan adalah huruf IAN

Menggunakan Fungsi MID pada Microsoft Excel

Rumus Excel MID ini digunakan untuk mengambil karakter dari bagian tengah teks.
Cara Penulisan Fungsi MID ini adalah =MID(Teks,Karakter_Awal,Jumlah_Karakter)
Teks merupakan data pada cell yang akan diambil karakternya
Karakter_Awal : Letak karakter pertama yang akan diambil
Jumlah_Karakter : jumlah karakter yang akan diambil yang dihitung dari letak karakter pertama
Contoh cara penggunaan fungsi mid pada micrososft Excel

contoh rumus excel

Berikut adalah penejelasan cara penulisan fungsi MID dari gambar di atas :
MID (A2,2,1) artinya mengambil karakter mulai dari karakter ke 2 sejumlah satu karakter pada cell A2 sehingga karakter yang dihasilkan adalah huruf K
MID (A3,2,2) artinya mengambil karakter mulai dari karakter ke 2 sejumlah dua karakter pada cell A3 sehingga karakter yang dihasilkan adalah huruf AM
MID (A4,3,3) artinya mengambil karakter mulai dari karakter ke 3 sejumlah tiga karakter pada cell A4 sehingga karakter yang dihasilkan adalah huruf LIA

Demikian artikel sederhana tentang cara menggunakan rumus excel Left, Right dan MID. Semoga cara menggunakan rumus excel ini dapat dipahami dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pengolahan data dengan Microsoft Excel.