Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Pada artikel ini saya akan coba membahas tentang cara mengembalikan file yang terhapus dari flashdisk. Siapa pun pasti tidak ingin kehilangan data, namun jika data sudah terlanjur terhapus maka satu-satunya jalan untuk mengembalikannya adalah dengan memanfaatkan software recovery.

Ada banyak software recovery yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan data yang terhapus, namun kali ini saya hanya ingin membahas Recuva sebagai tool untuk mencari data yang hilang. Mau tau caranya? Terus lanjutkan membaca artikel ini sampai habis.


1. Download dan Instal Recuva

Recuva merupakan salah satu software recovery yang berfungsi untuk mengembalikan data yang telah terhapus dari flashdisk, hardisk, kartu memory, dan media penyimpanan lainnya. Recuva dapat digunakan untuk mengembalikan data berupa Gambar, Music, Video, Email dan masih banyak lagi jenis data yang lainnya.


Software recovery keluaran Piriform ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan data pada hard disk yang telah terformat dan dilengkapi dengan mode Deep Scan sehingga proses mengembalikan data menjadi lebih akurat. Recuva tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Jika anda berminat mencobanya silahkan download di sini.

Cara Mengembalikan File yang Hilang/Terhapus di Flashdisk

2. Scan File pada Flashdisk

Colokkan flashdisk anda, kemudian jalankan Recuva yang telah anda install tadi. Tentukan drive mana yang akan anda recovery lalu tekan tombol Scan untuk memulai mencari data yang hilang.

Cara Mengembalikan File yang Hilang/Terhapus di Flashdisk

Setelah proses scan selesai, anda akan mendapatkan kembali beberapa file yang pernah terhapus dari flashdisk anda. Hal yang perlu diperhatikan pada hasil pencarian data tersebut adalah Filename dan State.

Cara Mengembalikan File yang Hilang/Terhapus di Flashdisk

Jika pada Filename terdapat Lingkarang Biru dan State Excellent maka kemungkinan besar file tersebut dapat dikembalikan dalam keadaan normal, jika Filename Warna Orange dan State Poor, ada kemungkinan file tersebut dapat dikembalikan namun filenya rusak/corrupt. Sedangkan jika Filename Warna Merah dan State Unrecoverable maka ini sudah dapat dipastikan bahwa file tersebut tidak bisa dikembalikan lagi.


Berikutnya Centang semua file dan pilih tombol Recover. Tentukan Folder yang akan digunakan sebagai tempat menyimpan file tersebut.

Cara Mengembalikan File yang Hilang/Terhapus di Flashdisk

Proses recovery data telah selesai, sekarang anda sudah dapat menggunakan data tersebut kembali. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua data yang terhapus dapat dikembalikan dengan kondisi sempurna, karena mungkin ini juga dipengaruhi oleh kondisi drive yang anda recovery dan lamanya waktu file tersebut terhapus.


Sebaiknya jika anda merasa kehilangan data pada flashdisk, segera lakukan recovery dengan cara di atas agar dapat lebih meminimalisir kerusakan data.

Demikian artikel sederhana ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Wassalam