Cara Membuat Pas Foto Ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 dalam 30 detik

Cara Membuat Pas Foto semua ukuran dalam waktu 30 detik. Anda jangan kaget dengan judul artikel ini ya! ini bukan berlebihan tapi memang faktanya demikian. Di sini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat pas photo dengan photoshop dan ukuran pas foto yang akan dihasilkan adalah 2x3 cm, 3x4 cm dan 4x6 cm secara bersamaan / sekaligus.

Jaman sekarang kita sudah tidak perlu lagi susah-susah ke studio foto hanya untuk sekedar membuat pas foto, karena anda bisa membuat pas foto sendiri menggunakan photoshop. Jika sudah tahu cara membuat dan edit foto, maka anda juga bisa mencetak foto sendiri di rumah dengan memanfaatkan printer yang ada asalkan cartridge warnanya masih normal.

Trus, apakah memang bisa membuat pas photo ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 sekaligus dalam 30 detik? jawabannya bisa. Karena di sini kita akan memanfaatkan fasilitas Action pada photoshop untuk membuat pas foto dengan cepat. Dengan Menggunakan action photoshop berarti anda sayang dengan waktu, proses membuat pas foto yang semula membutuhkan waktu lama bisa dipercepat dengan adanya action pada photoshop.

Membuat pas foto dengan photoshop

Sebelum menjalankan Action untuk membuat pas foto ini, sebaiknya anda edit fotonya terlebih dahulu seperti mengganti background foto (merubah warna background photo), membuat pas foto berdasi dan lain-lain. Karena action photoshop ini hanya berfungsi untuk membuat pas foto semua ukuran bukan untuk edit foto seperti yang saya sebutkan di atas.

Baca Juga :


Cara Membuat Pas Foto dengan Photoshop Secara Otomatis


Trus bagaimana cara membuat pas foto menggunakan action pada photoshop? pertama anda harus membuat action untuk cetak pas photo sesuai dengan ukuran yang ingin dibuat, tapi jika anda belum bisa membuatnya, saya telah sediakan action untuk membuat pas foto hasil kreasi saya sendiri, dapat anda download di sini.

Setelah mendapatkan actionnya, pasang action tersebut pada photoshop anda. Caranya klik Window - Action,  klik segi tiga kecil yang menghadap ke bawah lalu tekan Load Action kemudian cari lokasi dimana anda simpan action photoshop yang telah didownload sebelumnya.

Membuat pas foto dengan photoshop

Setelah action untuk membuat pas foto tersebut terpasang dengan baik pada photoshop, barulah anda siapkan sebuah foto yang akan dibuat menjadi pas foto ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6.

Membuat pas foto dengan photoshop

Ubah ukuran pas foto menjadi 4x6 cm, gunakan crop tool pada tool box. Jika anda belum bisa mengubah ukuran pas foto silahkan baca artikel saya yang satu ini, Di sana sudah dibahas tentanng cara membuat ukuran pas foto menggunakan crop tool.

Ok, setelah pas foto ukuran 4x6 tersedia sekarang klik menu Window - Action, pada tab Action klik nama action yang akan digunakan kemudian tekan tombol play selection maka proses membuat pas foto secara otomatis akan berjalan kurang lebih selama 30 detik.

Membuat pas foto dengan photoshop

Di bawah ini adalah foto yang dihasilkan setelah menjalankan action pas foto di atas, masing-masing berjumlah 12 lembar.

Membuat pas foto dengan photoshop

Akhirnya terbukti juga kan! ternyata bisa membuat pas foto ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 hanya dalam waktu 30 detik, kalau anda masih tidak percaya silahkan coba saja sendiri ya. Action Photoshop ini saya setting untuk membuat pas foto dalam kertas foto ukuran A4 full, jadi kalau mau dicetak anda harus menyiapkan kertas foto ukuran A4.

Demikian artikel tentang cara membuat pas foto ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 menggunakan action photoshop, selamat mencoba dan semoga ada manfaatnya bagi para pembaca sekalian.

Catatan:
Action pas foto ini saya buat menggunakan Adobe Photoshop CS3, jadi kalau anda ingin mencobanya silahkan gunakan Photoshop dengan versi yang sama atau versi di atasnya.