Cara Menghapus Virus tanpa Anti Virus

Siapa yang tidak jengkel jika komputer terserang virus? Terlebih jika virus di komputer sampai menghapus data-data penting pada hard disk atau menginfeksi file system yang mengakibatkan komputer berjalan sangat lemot.

cara menghilangkan virus di komputer tanpa antivirus

Untuk menghilangkan virus komputer, anda dapat memanfaatkan Software Anti Virus gratis seperti Avast atau kalau sudah terbiasa dengan file system, anda bisa saja menghilangkan virus secara manual tanpa menggunakana Anti Virus.

Cara ini tentu memerlukan kejelian anda dalam membedakan mana file virus dan fil system pada drive C, barulah anda bisa menghilangkan virus di komputer.

Mari simak sedikit pengalaman yang pernah saya alami tentang bagaimana cara menghilangkan virus komputer tanpa menggunakan Anti Virus. Siapa tau ini bisa membantu jika komputer anda mengidap virus yang menjengkelkan.

Baca Juga :

Indikasi awal pada virus yang menginfeksi komputer saya ini adalah setiap kali mencolokkan flashdisk, semua file dan folder pada flashdisk berubah menjadi shortcut kemudian file dan folder aslinya disembunyikan (hidden) dan yang muncul hanya file berupa shortcut yang dibuat oleh virus sehingga data aslinya tidak bisa dibuka.

Cara Menghapus Virus Komputer tanpa Menggunakan Anti Virus

Cara menghilangkan virus komputer semacam ini adalah pertama tampilkan file dan folder yang tersembunyi agar kita dapat melihat file virus yang terhidden. Caranya, pada Windows Explorer pilih Organize – Folder and Search Options – View, lalu klik pada option Show Hidden File, Folder and Drive dan hilangkan tiga tanda centang di bawahnya.

cara menghilangkan virus di komputer tanpa antivirus

Selanjutnya masuk ke Drive C lalu cari folder yang dianggap asing dan berekstensi exe, jangan sampai salah hapus ya agar tidak terjadi kerusakan pada system windows anda. File virus ini biasanya berada pada Drive C, Folder Windows dan User. Jika anda memiliki dua atau lebih User Windows, usahakan untuk mencari dan menghapus virus di semua user tersebut.

Setelah menemukan file virus di komputer, jangan tanggung-tanggung langsung hapus virus tersebut dengan menekan tombol Shift + Delete. Tapi jika virus tesebut tidak bisa dihapus anda harus masuk ke safe mode agar bisa mengilangkan virus di komputer, caranya ketika komputer sedang booting tekan tombol F8 atau F5 beberapa kali lalu tekan Enter pada pilihan Safe Mode.

Demikian sekilas tips dan pengalaman saya tentang Cara menghilangkan virus di Komputer tanpa menggunakan Anti Virus, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.