Cara Mengatasi Paper Jam pada Printer Canon

Cara Mengatasi Paper Jam Printer Canon IP2770, MP237, MP258

Halo para pembaca setia zuhrisoft. Kali ini saya ingin sedikit berbagi tips sederhana untuk mengatasi paper jam pada printer canon. Kasus ini sering saya temukan pada printer servisan, di layar muncul pesan paper jam tapi tidak ada kertas yang nyangkut di printer. Ini kan bikin bingung, padahal pesannya disuruh cek ada kertas yang nyangkut di printer tapi setelah dicek, nggak ada sama sekali saya temukan kertasnya.

Baca Juga :

Ada banyak cara untuk mengatasi printer canon paper jam. Penyebab utama Peper jam pada printer adalah terjadinya masalah pada sensor kertas yang ada di dalam printer, kemungkinan juga karena ada kertas yang nyangkut atau karena sensor kertasnya kotor atau rusak. Berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi paper jam pada printer canon.

Cara Mengatasi Paper Jam Printer Canon IP2770, MP237, MP258 dll

Pertama
Jika penyebab paper jam adalah karena kertas tersangkut,  segera tarik kertas tersebut dengan perlahan lalu matikan printer anda dan hidupkan kembali, maka paper jam sudah dapat teratasi.

Kedua
Coba reset printer canon anda secara manual, caranya matikan printer terlebih dahulu tapi kabel power tetap tertancap, tekan dan tahan tombol Resume (orange) kemudian tekan juga tombol Power (Hijau), lepaskan tombol Resume tapi tombol Power tetap ditekan, berikutnya tekan tombol Resume sebanyak 5x, lalu lepaskan kedua tombol tersebut. Komputer yang terhubung dengan printer tersebut akan mendeteksi printer baru, abaikan saja hal ini. Tunggu hingga Lampu Power berhenti berkedip kemudian matikan printer tersebut. Jika cara ini belum bisa mengatasi paper jam pada printer canon anda, kemungkinan besar penyebab paper jam pada printer canon ini adalah sensor kertasnya yang rusak.

Ketiga
Jika terjadi paper jam tapi tidak ada kertas yang nyangkut. Maka hal ini disebabkan karena sensor kertas yang error atau rusak. Untuk mengatasinya silahkan buka penutup atas printer anda lalu cari sensor kertas yang ada di dalamnya. Gambar di bawah ini adalah bentuk dari sensor kertas Printer canon ip2770.

Cara Mengatasi Paper Jam Printer Canon IP2770, MP237, MP258

Bersihkan sensor kertas dari kotoran atau debu yang menghalangi sensor tersebut bekerja. Pasang kembali sensor kertas ke tempatnya semula kemudian lakukan test print. Jika masih terjadi paper jam, maka jalan satu-satnya adalah dengan mengganti sensor kertas tersebut dengan yang masih normal. Gunakan rongsokan printer dengan type sama yang masih bisa dimanfaatkan sensor kertasnya.

Selama menangani kasus paper jam pada printer canon semacam ini, dengan menganti sensor kertas saja bisanya masalah sudah dapat teratasi dengan baik.

Note:
Tips tersebut bisa anda coba untuk mengatasi printer canon paper jam tapi tidak ada kertas,  mengatasi paper jam printer canon ip 2770,  mengatasi paper jam printer canon mp237, mengatasi kertas nyangkut di printer canon, mengatasi kertas macet pada printer canon ip2770, mengatasi paper jam fotocopy, mengatasi kertas nyangkut di printer canon ip2770 dan masalah lainnya yang berkaitan dengan paper jam.