Memperbaiki port lan tidak berfungsi pada Router Indihome Alcatel Lucent

Memperbaiki Port LAN Router Indihome Alcatel-Lucent. Kali ini saya ingin menulis sebuah artikel tentang jaringan port LAN yang tidak berfungsi pada modem indihome Alcatel Lucent. Awalnya saya ingin mereset modem internet ini karena SSID nya berubah dan teman-teman di sekolah tak satu pun yang tahu passwordnya. Akhirnya saya menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan Modem ke laptop, namun port lan pada modem tidak berfungsi, lampu indikator LAN tidak menyala sama sekali.

Baca Juga :

Saya coba pasang lagi pada port LAN yang berbeda, namun hasilnya tetap saja sama port LAN tidak berfungsi sama sekali, jangankan bisa konek internet, lampu indikator LAN pada laptop pun tidak menyala sama sekali. Saya sempat bingung dengan masalah ini bahkan saya sempat berfikir apakah LAN Card on board pada laptopnya yang rusak atau jangan-jangan port LAN pada routernya yang rusak, tapi saya rasa tidak mungkin karena pada Router  Indihome Alcatel Lucent ini memiliki 4 port LAN dan saya rasa tidak mungkin kesemuanya itu rusak.

Cara Mengatasi Port LAN tidak Berfungsi


Karena koneksi LAN tidak terdeteksi, akhirnya saya mengambil jalan untuk mereset modem indihome ini agar kembali ke pengaturan awal. Caranya tekan tombol reset menggunakan jarum selama beberapa detik sampai lampu indikator pada router menyala berwarna merah, setelah itu koneksikan laptop anda menggunakan wifi dengan menggunakan SSID yang tampil dan passwordnya bisa anda lihat di bagian bawah modem.

Ketikkan ip 192.168.1.1 pada address bar browser anda, kemudian masukkan user = admin dan password = admin, maka anda akan dibawa masuk ke pengaturan modem alcatel  lucent untuk kemudian melakukan perubahan pada settingan port lan yang tidak berfungsi.

memperbaiki port lan tidak berfungsi

Masuk ke dalam tab Network kemdian pilih LAN, maka anda akan melihat empat buah port LAN yang berada pada status Bridge Mode. Jika anda ingin mengaktifkan port lan yang tidak terdeteksi, maka anda harus mengganti status Bridge Mode menjadi Route Mode maka secara otomatis port lan pada router Indihome Alcatel Lucant akan berfungsi dengan normal.

Namun jika anda ingin menghubungkan Usee TV indihome, gunakan port LAN nomor 4 dan biarkan statusnya menjadi Bridge Mode, jika Port 4 tetap pada posisi Route Mode maka USee TV anda tidak akan bisa berfungsi.