Cara Menggunakan dan Merawat LCD Projector agar tetap awet

Cara Menggunakan dan Merawat LCD Projector agar tetap awet

Tips Pemakaian dan Perawatan LCD Projector. Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips sederhana tentang bagaimana cara menggunakan dan merawat LCD Projector supaya tetap dalam kondisi baik dan awet. Silahkan simak artikel berikut ini sampai habis, jangan setengah-setengah ya!

Instruksi Penting dalam Pemakaian LCD Projector

  1. Untuk menghindari kerusakan pada perangkat LCD Projector, sebaiknya jangan buka bodi proyektor, karena di dalamnya ada komponen yang tidak boleh diservice selain oleh pihak yang mengerti tentang cara memperbaiki LCD Proyektor itu sendiri.
  2. Sebelum menggunakan Proyektor, sebaiknya membaca buku petunjuk yang sudah ada pada kotak LCD.
  3. Jangan melihat secara langsung lensa Proyektor saat dalam kondisi hidup, karena sangat berbahaya bagi penglihatan atau mata.
  4. Jangan menganalisa dan menyimpulkan serta memperbaiki sendiri LCD projector jika bukan ahli atau ke service center yang tidak resmi.
  5. Pastikan penutup lensa selalu terbuka saat proyektor dalam kondisi ON / Hidup
  6. Sebaiknya gunakan stabilizer listrik yang berkualitas untuk menghindari kerusakan LCD Proyektor karena naik atau turunnya voltase listrik, dan lebih disarankan menggunakan UPS yang telah dilengkapi dengan stabilizer
  7. Jika hendak membuka lampu proyektor ( khusus tukang service ) sebaiknya tunggu selama kurang lebih 45 menit agar lampu mengalami pendinginan secara normal.
  8. Jangan menggunakan lampu yang sudah lewat umur pakainya, karena hal ini akan mengakibatkan ledakan dan kerusakan pada bagian lainnya.
  9. Jangan pernah melepas lampu dan semua komponen yang ada saat listrik masih terhubung dengan Proyektor
  10. Jangan meletakkan Proyektor ditempat yang tidak stabil, karena akan mudah jatuh dan rusak karena benturan

Jangan Lupa Baca Juga :

Cara Perawatan LCD Proyektor 

Agar LCD Proyektor anda dapat terus berfungsi dengan baik dan hasil yang maksimal, maka lakukanlah perawatan sebagai berikut :
  1. Bersihkan lensa projector menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu, kalau masih kotor gunakan lens cleaning paper seperti camera.
  2. Bersihkan bodi proyektor menggunakan kain lembut yang bersih. Khusus untuk debu yang membandel, gunakan cairan pembersih khusus pada kain lap.
  3. Simpan Proyektor pada tempat yang kering dan tidak terlalu lembab, lebih disarankan disimpan di dalam tas proyektor itu sendiri.
  4. Jika tidak digunakan dalam waktu lama, simpan remote control dengan melepaskan baterai terlebih dahulu
  5. Bawa Proyektor lengkap dengan boxnya jika akan dipindahkan ke tempat yang jauh
  6. Perhatikan informasi lampu Proyektor pada menu setting > information > Lamp Time Hours, hal ini sangat berguna untuk mempersiapkan penggantian lampu LCD Projector.