Cara Mengatasi Card Reader Laptop Tidak Berfungsi

Kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman pribadi tentang card reader laptop tidak bisa membaca memory, lebih tepatnya card reader di laptop saya ini kadang terbaca kadang juga tidak. Saya coba memasukkan beberapa memory namun hasilnya tetap saja card reader pada laptop ini tidak berfungsi.

Baca juga :

Saya sempat memponis bahwa driver card reader yang belum terinstal sehingga menyebabkan card reader tidak terbaca, tapi seteleh dicek Device Manager, semuanya sudah lengkap. Tapi kenapa memory card tetap tidak terbaca di laptop ini ya. Bingung...

Akhirnya saya mencoba masuk BIOS untuk mengecek apakah ada pengaturan yang membuat card reader di laptop ini tidak berfungsi. Beberapa saat saya perhatikan pada System Configuration ada pilihan Card Reader Power Saving. Akhirnya saya coba ubah pengaturannya yang semula Enable saya ganti menjadi Disable.

card reader pada laptop tidak berfungsi

Setelah melakukan perubahan pada settingan BIOS tersebut, akhirnya card reader yang semula tidak berfungsi kini sudah bisa membaca memory kembali. Ternyata hanya itu yang menjadi penyebab kenapa memory card tidak terbaca di laptop saya ini. Saya sangat bersyukur sekali karena masalah ini bisa saya atasi sendiri.

Siapa tahu diantara para pembaca ada juga yang pernah ngalamin Card reader pada laptopnya tidak berfungsi. Coba periksa settingan Bios laptop anda, jika terdapat pilihan Card Reader Power Saving coba ganti settingannya menjadi Disable.

Sekian, selamat mencoba ...