Cara Memperbaiki Sound Card yang Rusak

Cara memperbaiki Soud Card laptop yang rusak biasanya dilakuan dengan mengupdate driver sound card. Karena biasanya sound card tidak akan mengeluarkan suara jika drivernya corrupt atau terinfeksi virus. Sound card pada komputer atau laptop merupakan kebutuhan bagi pengguna laptop karena dengannya kita dapat mendengarkan musik atau mendengarkan suara yang bersumber dari laptop.

Baca ini juga bro :

Sebelum memperbaiki soud card yang rusak, tentu sangat diperlukan analisa untuk memastikan apa penyebab sound card tidak mengeluarkan suara, apakah karena kerusakan pada software (driver) atau kerusakan pada hardware sound card itu sendiri. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk menganalisa kerusakan pada sound card.

Cara Mengatasi Sound Card Laptop yang rusak

Agar tidak hanya sekedar memvonis bahwa soud card laptop anda rusak, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu dengan cara berikut :

1. Uninstal driver sound card laptop anda melalui Device Manager kemudian install lagi dengan driver dari vendor aslinya.

cara memperbaiki sound card laptop/komputer yang rusak

2. Lakukan pengetesan dengan mencolokkan speaker active pada audio jack, jika laptop bisa mengeluarkan suara berarti dapat dipastikan bahwa speakernya rusak.
3. Jika setelah melakukan pengujian dengan langkah ke 2 ternyata sound card on board tidak mengeluarkan suara, berarti sound card on board rusak, kerusakan biasanya terjadi pada bagian IC.

Cara memperbaiki Sound Card Laptop / Komputer

  1. Ganti IC Sound Card yang rusak dengan merk dan type sejenis. Untuk melakukan ini anda harus menggunakan Blower dan harus betul-betul telaten karena posisi kaki-kaki IC ini harus tepat.
  2. Jika tidak ingin repot membongkar casing laptop, gunakan usb sound card sebaga pengganti sound card yang rusak, cara ini cukup simple anda tinggal memasang usb sound card pada port USB layaknya flashdisk.
  3. Cara ketiga ini memerlukan skill elektronik, yakni dengan memodifikasi usb sound card untuk dipasang di dalam casing laptop. Cara memperbaiki sound card laptop yang rusak dengan cara ini adalah sebagai berikut :

cara memperbaiki sound card laptop/komputer yang rusak

Langkah-langkah memperbaiki Sound Card karena kerusakan IC

  1. Buka penutup/casing USB Sound card sehingga hanya tersisi bagian dalamnya saja
  2. Buka juga casig laptop atau komputer anda lalu cari jalur USB port pada mainboard
  3. Hubungkan jalur port USB dengan sound card USB yang telah anda bongkar tadi menggunakan kabel. Gunakan solder untuk menyambungnya agar koneksinya benar-benar kuat. Perlu anda ketahui bahwa pada jalur USB terdapat 4 kabel yakni : positif 5v, data+, data – dan terakhir ground. Pastikan tidak sampai terbalik ketika anda menyambungnya
  4. Berikutnya sambungkan jalur jack usb sound card dengan speaker laptop anda menggunakan kabel yang telah disolder.
  5. Agar lebih kelihatan rapi, tempatkan usb sound card yang telah anda modifikasi pada area yang kosong dan rapikan juga kabel-kabelnya. Pastikan juga posisi usb sound card di dalam casin laptop tidak goyang agar penggunaanya menjadi lebih awet, bila diperlukan gunakan sekrup atau lakban untuk mengatasinya.

Sekarang proses memperbaiki sound card laptop yang rusak sudah selesai dikerjakan, lakukan pengujian untuk memastikan langkah perbaikan tersebut telah berhasil.

Demikian Cara memperbaiki Sound Card Komputer Laptop yang Rusak. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.