Cara Mengatasi Wifi Limited Access di Laptop

Limited Wifi Acces bisa menjadi masalah bagi pengguna Wi-Fi. Kasus Wifi Limited Access bisa terjadi pada setiap pengguna wifi baik yang bersifat personal maupun pengguna Wifi hotspot yang telah ditentukan jumlah penggunanya oleh admin.

Apabaila wifi di laptop mengalami limited access, bisanya tidak akan bisa digunakan untuk mengakses internet baik itu browsing, streaming dan kegiatan online lainnya. Ini disebabkan oleh akses internet yang dibatasi oleh pemilik Wifi.

Baca juga :

Misalkan begini, saya sebagai pemilik wifi hanya membatasi 20 orang saja yang bisa terhubung pada Wi-fi milik saya. Maka jika ada orang ke 21 yang mencoba untuk menggunakan Wifi tersebut maka biasanya pengguna tersebut akan mengalami masalah dengan Wifi limited acces.

Selain pengguna hotspot, pengguna wifi personal juga bisa mengalami kasus wifi limited accsess, namun penyebabnya bukanlah karena dibatasinya pengguna oleh admin melainkan bisa jadi karena terjadi tabrakan IP Address sehingga Wifi menjadi trouble. Trus bagaimana cara mengatasi wifi limited access ini? berikut ini saya berikan tipsnya untuk anda.

Cara Mengatasi Wifi Limited Access di Laptop

1. Ganti IP Address
Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah IP Adress. Silahkan ubah IP Address melalui komputer yang sedang Anda gunakan. Caranya lakukan langkah-langkah berikut ini:
Langkah awal yang bisa anda coba adalah mengganti IP Address pada komputer yang sedang anda gunakan. Cara menggantinya adalah sebagai berikut :

cara mengatasi limited access pada wifi laptop

  1. Masuk ke Control Panel > All Control Panel Items > Network and Sharing Center
  2. Pilih ‘Connections’ yang terdapat tulisan: Wireless Network Connection berserta dengan nama Wi-Fi yang akan digunakan
  3. Klik nama Wi-Fi tersebut
  4. Klik tombol ‘Properties’
  5. Pilih ‘Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4)’
  6. Pilih ‘Properties’ lalu isi IP Address sesuai dengan IP yang diberikan oleh provider yang Anda gunakan
  7. Terakhir klik tombol‘OK’

2. Mengatasi Limited Wifi Access Pada Windows 8.1
Bagi para pengguna Windows 8.1, mungkin merasa bingung saat menjumpai masalah Limited Wi-Fi Access. Silahkan lakukan cara di bawah ini untuk mengatasi limited Wi-Fi access pada perangkat Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 8.1:

cara mengatasi limited access pada wifi laptop

  • Klik kanan pada tombol ‘Start’, lalu pilih ‘Command Prompt (Admin)’. Selanjutnya, layar akan menampilkan jendela UAC, lanjutkan dengan klik ‘Yes’
  • Ketik kode perintah ini satu persatu
netsh int tcp set heuristics disabled
netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled
netsh int tcp set global rss=enabled

  • Tekan tombol ‘Enter’ pada keyboard
  • Terakhir, ketik kode di bawah ini untuk melihat hasil akhirnya:

netsh int tcp show global
  •  Restart laptop anda lalu sambungkan kembali ke Wi-Fi

3. Aktifkan FIPS Pada Windows 8.1
Jika cara ke dua belum berhasil, Anda bisa menggunakan cara berikut ini untuk mengatasi WiFi limited access dengan lebih mudah pada Windows 8.1. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Masuk ke Control Panel > Network and Sharing Center > Pilih Wireless Network Connection sesuai nama Wi-Fi yang digunakan > Wireless Properties > Security > Advance Setting
  2. Berikan tanda centang pada menu ‘Enable Federal Information Processing Standards (FIPS) compliance for this network’
  3. Hubungkan kembali laptop Anda ke Wi-Fi, jika keterangan Limited Access berubah menjadi Connected, maka cara ini telah berhasil anda lakukan.

4. Hentikan Bonjour Service
Ini merupakan cara mengatasi Limited Wi-Fi Access di Windows 7. Bonjour termasuk salah satu service yang kadang-kadang menjadi pemicu masalah pada koneksi WiFi. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda coba untuk menghentikannya:

cara mengatasi limited access pada wifi laptop

  1. Klik Starts > Accessories > Run
  2. Ketikkan services.msc kemudian cari dan klik dua kali pada ‘Bonjour Service’
  3. Pilih ‘Stop’ pada Bonjour Service, lalu set menjadi ‘Disable’ kemudian klik ‘OK’ untuk mengakhirinya

5. Cara Mengatasi Wifi Limited Access di Windows 10
Masalah Limited Wi-Fi Access tidak hanya terjadi pada Windows 7 dan 8 saja. Akan tetapi, pada Windows 10 juga memiliki potensi mengalami hal yang sama. Cara mengatasi limited Wi-Fi access di Windows 10 adalah sebagai berikut :
  1. Masuk ke Control Panel > All Control Panel Items > System
  2. Pilih Device Manager yang ada di toolbar sebelah kiri
  3. Pilih Network Adapters lalu pilih koneksi Wi-Fi yang sesuai dengan nama Wi-Fi yang Anda gunakan
  4. Klik kanan pada Wi-Fi tersebut, lanjutkan dengan klik Update Driver Software
  5. Pilih menu dengan tulisan ‘Browse my computer for driver software’
  6. Selanjutnya, pilih tulisan ‘Let me pick from a list of device drivers on my computer’
  7. Klik Browse > Have Disk
  8. Cobalah satu persatu dari list yang tersedia

6. Restart Router
Dengan merestart router merupakan cara paling sederhana untuk mengatasi kendala pada jaringan internet yang sedang digunakan. Matikan router dan diamkan beberapa menit sebelum dinyalakan kembali. Butuh waktu beberapa menit agar router dapat bekerja kembali dengan benar.

7. Restart Komputer
Permasalahan Limited Wi-Fi Access tidak selamanya berasal dari jaringan yang digunakan. Hal ini juga bisa terjadi karena laptop yang dipakai terlalu berat sehingga mungkin menyebabkan konfigurasi jaringan ada yang salah. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba restart komputer sebelum menyambungkannya kembali ke Wi-Fi.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Wifi Limited Access. Jika cara di atas tidak bisa mengatasi WiFi limited access pada laptop anda, mintalah bantuan pada orang yang lebih ahli. Namun jika tidak permalasahan ini tak juga terselesaikan, hubungi customer service provider internet Anda. Karena bisa jadi masalah limited access ini disebabkan juga karena adanya gangguan internal dari jaringan internet yang anda gunakan.

Sumber: http://carisinyal.com