Macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya

Macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya. Pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang macam-macam perangkat keras komputer atau yang biasa dikenal dengan hardware. Kita sangat bersyukur dengan adanya komputer, karena dengan komputer kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat. Bayangkan saja jika tidak ada komputer, mungkin kita tidak bisa menikmati asiknya berinternet seperti yang dirasakan sekarang.

Baca Juga :

Perangkat keras atau hardware komputer merupakan komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer sehingga komputer tersebut dapat bekerja. Hardware komputer mempunyai sifat dapat dilihat dan diraba bentuk fisiknya berbeda dengan software yang hanya dapat dilihat saja namun tidak dapat dipegang/diraba. Macam-macam hardware komputer tidak hanya yang ada pada bagian dalam komputer itu saja, melainkan juga semua perangkat yang mendukung proses kinerja komputer itu sendiri.

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer

1. Motherboard

macam-macam perangkat keras komputer

Motherboard merupakan papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat menancapkan komponen komputer (hardware komputer lainnya) seperti processor, harddisk, RAM dan lain-lain. Motherboard berbentuk PCB dan merupakan papan utama yang memiliki chip BIOS dan slot sebagai tempat untuk menancapkan komponen non onboard.

2. Processor

macam-macam perangkat keras komputer

Processor merupakan salah satu hardware komputer yang berfungsi mengontrol jalannya seluruh sistem komputer. Processor atau lebih dikenal dengan CPU (Central Processing Unit) merupakan otak sebuah komputer, karena tugasnya adalah melakukan perhitungan maupun memberikan printah yang akan dijalankan oleh komputer.

3. Hard Disk

macam-macam perangkat keras komputer

Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan (storage media). Di dalam hard disk anda bisa menyimpan berbagai macam data dan pada hard disk juga tempat memasang / menginstal aplikasi (perangkat lunak) yang akan dijalankan oleh komputer.

4. Fan Cooler / Heat sink

macam-macam perangkat keras komputer

Fan Cooler / Heat sink merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi mengurangi panas processor, heat sink biasanya tertancap tepat di atas processor yang telah diolesi termal pasta. Jika processor komputer mengalami over heat maka komputer akan cepat rusak. Oleh karenanya dibutuhkan Fan Cooler/heat sink agar kinerja komputer menjadi lebih stabil.

5. Monitor

macam-macam perangkat keras komputer

Monitor merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat output yang menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk grafis. Setiap monitor tentu mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda. Jenis monitor yang paling banyak digunakan saat ini adalah monitor LCD (Liquid Crystal Display) karena bentuknya yang slim sehingga tidak makan tempat dan penggunaan listrik tidak terlalu banyak.
.
6. SSD (Solid State Drive)

perangkat keras komputer dan fungsinya

SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state sebagai penyimpanan datanya. SSD tergolong inovasi baru yang memiliki fungsi sama dengan hard disk, namun memiliki sedikit perbedaan. Dari segi harga, SSD jauh lebih mahal dibanding HDD meskipun memiliki kapasitas yang sama.

7. VGA Card

perangkat keras komputer dan fungsinya

VGA (Video Graphic Adapter) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi mengolah data gambar yang kemudian akan ditampilkan ke layar monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit). Perangkat keras yang satu ini biasanya sangat dibutuhkan oleh para gamer atau designer.

8. Optical Drive

perangkat keras komputer dan fungsinya

Optical drive adalah perangkat keras komputer yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Ada beberapa jenis optical drive yang ada saat ini antara lain : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain. Kesemua jenis Optical drive tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

9. Power Supply

perangkat keras komputer dan fungsinya

Power Supply adalah perangkat keras komputer yang bertugas sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply dikatakan sebagai jantungnya komputer, karena komputer tidak akan bisa hidup tanpa adanya hardware yang satu ini.

10. RAM / Memory

perangkat keras komputer dan fungsinya

RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data dan intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara hanya saat komputer dalam keadaan hidup saja. Setelah komputer dimatikan, maka data maupun perintah yang disimpan oleh RAM akan hilang kecuali komputer masih dalam mode hibernate.

11. Keyboard

pengertian perangkat keras komputer

Keyboard merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input data berupa huruf, angka dan karakter tertentu. Ada beberapa jenis keyboard berdasarkan urutan hurufnya, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.

12. Mouse

pengertian perangkat keras komputer

Sama seperti keyboard, mouse juga merupakan input device pada komputer. Mouse berfungsi untuk menginputkan perintah dengan menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang mirip seperti seekor tikus. Ada banyak jenis mouse yang beredar saat ini antara lain : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.

13. Printer

pengertian perangkat keras komputer

Sama halnya dengan monitor, printer juga termasuk perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output. Output yang dihasilkan oleh printer berupa hasil pengolahan data teks maupun gambar di atas kertas. Ada beberapa jenis printer yang digunakan saat ini, antara lain : Printer Dotmatrix, Printer Inkjet dan Printer Laserjet.

14. Sound Card

pengertian perangkat keras komputer

Sound Card juga perangkat keras yang termasuk dalam output device karena mengolah data berupa audio atau suara. Awalnya sound card hanya berfungsi sebagai pelengkap komputer, namun sekarang sound card merupakan perangkat yang harus dimiliki oleh pengguna komputer.

15. Scanner

pengertian perangkat keras komputer

Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input dan memiliki cara kerja yang mirip dengan mesin fotokopi. Scanner bekerja dengan merubah data gambar atau tulisan menjadi file digital yang dapat diolah pada komputer.

16. LCD Proyektor

Macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya

Sama halnya dengan monitor, LCD Projector merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan data gambar maupun video dari komputer ke sebuah layar maupun bidang datar. Cara menampilkan video / gambar pada LCD proyektor adalah dengan mengirimkan cahaya dari lampu halide logam lalu diteruskan ke dalam prisma dimana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.

17. Modem

Macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya

Modem (modulator demodulator) berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital di konversi oleh modem menjadi data yang berbentuk sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar yang berbentuk sinyal analog, modem akan mengubahnya kembali menjadi data yang berbentuk digital agar dapat diolah oleh komputer.

18. NIC/ LAN Card

Macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya

NIC Card merupakan sebuah kartu yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan baik itu jaringan yang sifatnya local (LAN) maupun jaringan komputer yang luas seperti internet.

19. Speaker

Macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya

Speaker merupakan perangkat output pada komputer yang mempunyai peranan penting dalam mengeluarkan hasil pemrosesan data berupa suara. Speaker akan berfungsi dengan baik jika didukung oleh perangkat lain pada komputer yakni sound card.

20. Webcam

Macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya

Webcam adalah kamera digital yang dihubungkan ke komputer atau laptop. Pada laptop, webcam sudah menyatu dengan layar sehingga tidak diperlukan lagi adanya webcam external. Webcam biasanya digunakan untuk melakuakan video chat pada komputer selain itu juga bisa digunakan untuk mengambil gambar atau video layaknya kamera biasa.

Demikian beberapa perangkat keras komputer yang bisa saya uraikan, sebenarnya masih ada lagi perangkat komputer yang belum saya ulas di sini, jika ada kesempatan nanti akan saya tambahkan lagi beberapa perangkat lainnya yang disertai dengan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat ...