Cara Mengecek Power Supply Masih Hidup atau Mati Total

Hallo para pembaca setia zuhrisoft, kali in ini saya ingin berbagi tips tentang cara mengecek power supply komputer apakah masih hidup atau mati total. Sebenarnya tips ini bisa dibilang usang ya, karena sekarang udah jarang yang pake PC kebanyakan pake laptop. Tapi nggak apa-apa siapa tahu cara cek power supply tanpa mainboard ini masih dibutuhkan oleh para pencinta PC sejati.

cara mengecek power supply masih berfungsi atau tidak

Pernahkan sobat mengalami komputer tiba-tiba mati, meski ditekan tombol power namun tidak menampilkan indikasi hidup sedikit pun. Jika hal ini terjadi, ada beberapa masalah yang mungkin terjadi pada komputer anda :

  1. Kabel penghubung tombol On/Off pada Casing terputus
  2. Kabel power putus atau tidak berfungsi
  3. Power supply rusak, bisa karena drop (nyala beberapa detik langsung mati) atau bahkan mati total.

Trus.. bagaimana cara mengecek power supply komputer apakah masih dalam kondisi hidup atau mati? Cara mengeceknya cukup sederhana, berikut ini saya akan ulas cara mengecek power suply dengan benar agar bisa dipastikan bahwa power supply masih layak dipakai atau sudah rusak.

Cara Mengecek Power Supply Komputer tanpa Mainboard

  • Siapkan power supply yang akan dicek
  • Sediakan clip kertas yang telah diluruskan atau jika tidak ada, sobat bisa menggunakan potongan kabel yang memiliki tembaga agak keras

cara mengecek power supply tanpa mainboard

  • Cari kabel berwarna hijau dan hitam pada power supply lalu hubungkan keduanya menggunakan klip kertas atau kabel yang telah disediakan sebelumnya. Lebih detailnya, lihat gambar di bawah ini

cara cek power supply masih bagus atau tidak

  • Tancapkan kabel power ke listrik.
  • Sekarang lihat kipas Power Supply, jika kipas berputar maka Power Supply masih hidup namun jika kipas tidak bergerak sama sekali berarti power supply mati/rusak.

Meskipun kipas ower supply berputar, ini belum tentu berarti power supply tersebut masih dalam keadaan normal. Karena ada juga power supply yang hidup tapi mengalami drop sehingga ketika dihubungkan ke motherboard tetap tidak bisa menampilkan apa-apa pada layar monitor. Kondisi semacam inilah yang disebut dengan Power Supply Drop. Untuk mengecek power supply drop, anda harus mengukur komponennya menggunakan avometer.

Baca Juga :

Meskipun sobat tidak bisa mengecek power supply drop dengan cara di atas, minimal sobat tahu tanda-tanda yang biasanya muncul ketika power supply mengalami drop, seperti berikut:

  1. Komputer sering Hang
  2. Port USB pada motherboard tidak berfungsi.
  3. Sering terjadi restart tiba-tiba pada cpu.
  4. Hard disk komputer tidak terdeteksi meskipun ada tampilan di layar

Gimana, mudah kan cara mengecek power supply komputer? Selamat mencoba, semoga bermanfaat.