Langkah-langkah Instal Windows Menggunakan USB Flashdisk

Langkah-langkah Instal Windows Menggunakan USB Flashdisk

USB Flashdisk merupakan alternative yang paling mudah digunakan untuk melakukan Instalasi Windows. Ini dikarenakan laptop keluaran baru sudah banyak yang tidak dilengkapi dengan CD/DVD Drive, sehingga flashdisk menjadi pilihan terbaik untuk menggantikannya. Berikut adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk menginstal windows menggunakan Flashdisk.

Jangan lupa baca :

1. Membuat USB Bootable Windows

Saya pribadi biasa menggunakan Apliksi Rufus untuk membuat USB Bootable Windows. Saya memilih Rufus karena hasilnya cukup bagus tidak seperti aplikasi lain yang pernah saya gunakan sebelumnya. Untuk membuat USB Bootable Windows dengan Rufus silahkan baca artikel saya yang satu ini.

2. Setting BIOS

Ubah pengaturan BIOS dengan menempatkan USB Flashdisk menjadi urutan pertama pada Boot Menu. Caranya tekan DEL atau F2 saat laptop mulai booting, pilih Boot Menu lalu ubah urutannya dengan menekan tombol F5/F6 kemudian simpan pengaturannya dengan menekan tombol F10. Sebelum merubah pengaturan BIOS, tancapkan flashdisk anda terlebih dahulu pada port USB yang telah tersedia. Lebih detail tentang cara mengakses BIOS silahkan baca di sini.

3. Memulai Proses Instalasi Windows

Setelah menekan F10 pada langkah ke 2, laptop / komputer akan restart dan muncul pesan Press Any Key to Continue.. di layar monitor, tekan sembarang tombol pada keyboard untuk memulai proses Instalasi Windows melalui flashdisk.

Pada proses ini anda tinggal mengikuti perintah yang diminta sampai proses instalasi sistem operasi windows berakhir. Pelajari cara Install Windows lengkap dengan gambar sebagai panduan untuk melakukan langkah ke 3 ini.

4. Instalasi Driver

Untuk urusan instal Driver, saya sarankan anda menggunakan driver asli bawaan laptop itu sendiri. Biasanya saat membeli laptop, di dalam dus telah terdapat CD Driver Original yang bisa digunakan sewaktu-waktu kalau ingin instal ulang Windows.

Namun jika CD Driver tersebut tidak ada, hilang atau rusak. Anda masih bisa mendownloadnya dari Website resmi vendor laptop yang anda gunakan. Atau sebagai alternative yang cukup bagus, anda bisa menggunakan Driverpact Solution atau Easy Driverpact untuk menginstal driver laptop dengan lengkap.

5. Instal Aplikasi Pendukung

Langkah terakhir adalah memasang aplikasi pendukung pada laptop, sesuaikan jenis aplikasi yang akan diinstal dengan kebutuhan dan kemampuan laptop anda, tujuannya agar laptop benar-benar bekerja pada performa terbaiknya.

Demikian beberapa tahap yang harus dilakukan untuk menginstal Windows menggunakan USB Flashdisk. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ...