Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS

Kemarin dapat servisan laptop HP Mini dengan kasus selalu masuk BIOS saat booting. Menurut analisa sederhana saya, penyebab laptop selalu masuk BIOS adalah karena terjadi kerusakan pada keyboard laptop itu sendiri. Kerusakan bisanya terjadi pada tombol keyboard yang biasa digunakan untuk masuk BIOS Setup seperti tombol DEL, F2, F10 dan lain-lain.

Penyebab Laptop Langsung Masuk BIOS

Pada laptop ini tombol keyboard yang digunakan untuk mengakses BIOS adalah F10, jadi bisa disimpulkan bahwa yang menyebabkan laptop selalu masuk bios saat pertama kali dinyalakan adalah karena terjadinya kerusakan pada tombol F10 tersebut, lebih tepatnya bisa dikatakan bahwa tombol tersebut lengket.

Untuk menganalisa penyebab laptop ini selalu masuk bios adalah dengan mencoba melepaskan keyboard laptopdari unitnya kemudian menyalakannya tanpa menggunakan keyboard dan ternyata hasilnya laptop bisa berjalan seperti biasa tanpa masuk ke BIOS setup lagi.

Cara Memperbaiki Laptop langsung masuk BIOS

Jadi menurut hemat saya, cara yang paling ampuh untuk memperbaiki laptop yang selalu masuk bios adalah dengan mengganti keyboard secara utuh. Namun tentu harus dipertimbangkan dulu apakah tombolnya sudah sebagian besar rusak atau hanya satu dua saja yang mengalami masalah.

Jika memang hanya satu atau dua tombol saja yang mengalami kerusakan, mungkin memperbaiki keyboard adalah salah satu solusi yang masih bisa ditempuh. Untuk memperbaiki tombol keyboard yang lengket, anda bisa mencongkelnya lalu bersihkan debu di dalamnya menggunakan cutter.

Kesimpulan

Penyebab utama laptop selalu masuk bios adalah terjadi kerusakan / lengket pada tombol keyboard yang digunakan untuk mengakses BIOS dan cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti unit keyboard tersebut dengan yang masih normal.