Cara mempercepat booting windows 7

Halo sobat setia zuhrisoft, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips sederhana tentang cara mempercepat proses booting pada windows 7. Saya yakin proses booting yang cepat pasti sudah menjadi keingin setiap penggunan komputer, apa lagi jika anda memang orang yang kesibukannya selalu di hadapan komputer. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan 3 cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses booting windows 7.

Mempercepat booting Windows dengan menyeting Program pada System Configuration 

Cara mempercepat booting windows 7

Cara yang pertama untuk mempercepat booting windows 7 adalah dengan mengatur program apa saja yang harus berjalan otomatis ketika komputer dihidupkan. Caranya buka menu RUN dengan menekan tombol Windows + R lalu ketikkan "msconfig". Setelah System Configurasi terbuka, klik Startup, maka anda akan melihat banyak sekali aplikasi yang sedang berjalan. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, silahkan hilangkan tanda centang pada aplikasi yang kira-kira tidak terlalu dibutuhkan.

Baca Juga :

Namun anda harus hati-hati untuk memilih aplikasi apa saja yang akan dihilangkan, jangan sampai anda menghilangkan centang pada aplikasi yanng penting. Cukup hilangkan centang pada aplikasi yang benar-benar tidak begitu dibutuhkan.

Mempercepat Booting Windows dengan Men Disable Driver yang tidak Digunakan

Cara mempercepat booting windows 7

Driver juga ikut andil dalam mempercepat proses booting Windows 7. Jadi jika anda menginstall banyak driver tentu akan berpengaruh terhadap lama atau cepatnya proses booting pada windows.

Jika anda hendak mempercepat booting windows dengan menonaktifkan driver yang tidak digunakan. Caranya cukup gampang, tekan tombol Windows + Pause Break pada keyboard lalu pilih Device  Manager. Berikutnya klik kanan driver yang ingin dinonaktifkan kemudian pilih Disable. Sekarang coba restart komputer anda, pasti ada sedikit perubahan yang anda rasakan.

Mempercepat booting Windows dengan menyeting Registry

Cara mempercepat booting windows 7

Selain menggunakan kedua cara di atas, anda juga bisa mempercepat booting windows dengan sedikit melakukan perubahan pada Registry Editor, berikut caranya :
1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka menu RUN.
2. Ketik regedit lalu tekan tombol OK
3. Setelah Registry Editor terbuka, masuk ke HKEY_LOKCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrag\BootOptimizeFunction.
4. Klik dua kali pada OptimizeComplete lalu ganti Value Data nya menjadi Yes

Jadi itulah 3 Cara yang dapat kita lakukan untuk membuat Booting Windows 7 menjadi lebih cepat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan sampai bertemu di tutorial berikutnya.