Bingung !! Komputer Hidup tapi kenapa Tidak Tampil Ke Layar Monitor

Mungkin anda pernah mengalami komputer dalam keadaan menyala tapi tidak ada tampilan apapun di layar monitor. Ini bisa jadi disebabkan karena komputer jarang dibersihkan sehingga banyak debu yang menempel pada komponen komputer tersebut. Dan tentu saja hal ini akan menjadi penyebab komputer tidak tampil di layar monitor, System akan menjadi Hang, tidak ada bunyi beep saat komputer dihidupkan dan tidak ada penampakan pada layar monitor bahkan resiko terparahnya adalah dapat merusak Motherboard komputer itu sendiri.

Penyebab komputer tidak tampil di layar monitor

1. Memory / RAM (Random Access Memory)
Pemasangan memory yang kurang rapat, kotor karena debu, error atau rusak bisa menjadi penyebab komputer tidak tampil ke layar monitor.

2. VGA Card (Kartu Grafis) error, kotor atau rusak.
Slot VGA yang kotor karena debu, bisa menjadi pemicu pc hidup tapi tidak tampil di layar monitor

3. Power supply
Daya yang tidak stabil pada Power Supply juga bisa mengakibatkan komputer tidak tampil ke monitor, hal bisa terjadi karena seringnya terjadi lonjakan arus atau seringnya terjadi mati listrik tiba-tiba sehingga komputer tidak mati dengan normal.

4. Baterai CMOS (Baterai BIOS)
Jika baterai CMOS sudah rusak atau habis masa pakai, ini akan menyebabkan komputer tidak bisa menyimpan settingan bios dan bisa juga menyebabkan komputer tidak tampil ke layar monitor.

5. Motherboard
Selain beberapa perangkat di atas, Motherboard yang error juga bisa menjadi penyebab komputer tidak tampil ke layar monitor. Coba periksa kondisi maotherboard PC anda, apakah ada terdapat kapasitor yang menggelembung atau plat pendingin Transistor berubah warna. Jika ini yang terjadi Anda harus siap-siap membawanya ke pusat service sesuai merk motherboard tersebut, namun jika hal tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar, mungkin mengganti mainboard bisa menjadi alternative terbaik.

6. Prosessor error atau rusak.
Selama melakukan Service komputer, memang jarang saya temukan kerusakan pada Processor, keseringan saya temukan kerusakan pada Mainboard. Karena Processos/CPU merupakan otak dari komputer, maka jika perangkat yang satu ini rusak sudah pasti akan menyebabkan komputer tidak akan mengeluarkan tampilan di layar monitor meskipun komputer dalam keadaan hidup.

Langkah-langkah memperbaiki komputer hidup tapi tidak tampil di monitor

1. Bersihkan RAM dan VGA Card 

Cabut RAM dan VGA Card dari slotnya, kemudian gosok bagian RAM dan VGA yang ditancapkan ke mainboard menggunakan penghapus pensil, bersihkan juga slot RAM dan VGA menggunakan kuas. Pasang kembali RAM dan VGA Card pada posisinya masing-masing, pastikan pemasangan RAM atau VGA Card sudah tepat lalu coba hidupkan komputernya.

Komputer hidup tapi tidak tampil di layar monitor

Jika cara tersebut di atas belum juga berhasil membuat komputer anda tampil ke layar monitor, berarti Anda harus mencoba langkah selanjutnya,

2. Clear CMOS

Lakukan Clear CMOS dengan mencabut jumper bios yang terletak di dekat baterai CMOS. Di sana terdapat 3 Pin dan selalu tersisa 1 pin jika jumper terpasang, pindahkan jumper tersebut ke sebelahnya sehingga letak 1 pin yang tersisa berubah dari semula. Diamkan sekitar 15 detik kemudian pasang kembali jumper tersebut ke tempatnya semula. Sekarang coba nyalakan komputer Anda untuk memastikan penyebab komputer tidak tampil di layar monitor telah teratasi.

Komputer hidup tapi tidak tampil di layar monitor

Dengan melakukan Clear CMOS melalui Jumper tadi biasanya komputer akan tampil ke monitor dan meminta anda untuk mengatur ulang tanggal dan jam pada komputer. Namun jika dengan cara ini komputer tidak juga bisa tampil ke monitor, silahkan lanjut ke langkah berikutnya,

3. Ganti Baterai CMOS

Lepaskan Baterai CMOS lalu bersihkan dan pasang kembali ke tempat semula. Namun jika Anda kurang yakin dengan kondisinya, sebaiknya ganti Baterai CMOS dengan yang masih normal dan hidupkan kembali komputer anda untuk melihat hasilnya.

Komputer hidup tapi tidak tampil di layar monitor

4. Bersihkan Processor dan Heatsink

Jika langkah di atas tidak juga membuahkan hasil, coba bersihkan debu yang menempel pada processor, caranya bongkar heatsink processor dengan cara memutar penguncinya berlawanan arah jarum jam lalu angkat penguncinya satu persatu. Gunakan kuas halus untuk membersihkan debu yang menempel pada Heatsink dan processor. Tambahkan termal pasta di atas processor, jika pasta yang sebelumnya telah kering.

Baca Juga :

Bila memungkinkan, coba ganti processor anda dengan yang lain agar dapat disimpulkan kerusakan tidak disebabkan oleh processor. Setelah selesai, pasang kembali Heatsink kemudian hidupkan komputer untuk menguji apakah proses ini telah berhasil atau tidak.

Komputer hidup tapi tidak tampil di layar monitor

5. Ganti Power Supply
 
Tegangan yang tidak stabil juga akan menjadi pemicu komputer tidak akan tampil di layar meskipun CPU dalam kondisi hidup. Solusinya coba ganti Power Supplynya dengan yang masih normal. Jika setelah dilakukan penggantian ternyata komputer bisa tampil di layar dengan normal, berarti biang keroknya terdapat pada Power Supply.

Komputer hidup tapi tidak tampil di layar monitor

Setelah melakukan semua cara di atas, namun tidak juga bisa menyelesaikan kasus pc hidup tapi tidak tampil di monitor. Maka bisa disimpulkan bahwa kerusakan ada pada Motherboard, dan cara yang menurut saya terbaik adalah dengan mengganti Unit Motherboard tersebut dengan yang baru.