Berikut cara mengubah partisi MBR ke GPT tanpa harus kehilangan data

cara mengubah partisi mbr ke gpt tanpa kehilangan data

Jenis partisi MBR hanya mendukung empat entri tabel partisi. Artinya, hanya memungkinkan pengguna membuat empat partisi utama paling banyak. Jika menginginkan lebih banyak partisi, maka diperlukan partisi struktur sekunder atau dikenal sebagai partisi extended. Untuk alasan ini, banyak pengguna mungkin perlu mengkonversi Partisi MBR ke GPT. Namun, ini bukanlah pekerjaan mudah bagi sebagian besar pengguna yang kurang memiliki pengetahuan komputer dan keterampilan teknis. Jadi untuk mengubah Partisi MBR menjadi GPT pada Windows atau sebaliknya, anda bisa menggunakan perangkat lunak partisi gratis seperti Mini Tool Partition Wizard, atau jika tidak ingin menggunakan software anda juga bisa merubah mbr ke gpt melalui cmd dengan printah Diskpart Command.

Jangan lupa baca juga :

Karena yang akan saya ulas di sini adalah cara mengubah partisi mbr ke gpt tanpa kehilangan data, maka saya akan menggunakan bantuan dari software Mini Tool Partition Wizard. Jadi kalau anda belum punya, silahkan download dulu dari Official Websitenya.

Cara mengubah partisi mbr ke gpt tanpa format hard disk


1. Buka aplikasi Mini Tool Partition Wizard

cara mengubah partisi mbr ke gpt tanpa kehilangan data

2. Pilih hard disk yang akan dirubah partisinya menjadi GPT, klik pada Disk nya bukan pada partisinya.

3. Klik menu Convert MBR Disk to GPT Disk

4. Tekan tombol Apply, maka proses mengubah partisi gpt ke mbr akan berjalan

cara mengubah partisi mbr ke gpt tanpa kehilangan data

5. Setelah proses selesai, maka di bawah Disk 1 akan tertulis GPT yang menandakan anda telah berhasil merubah mbr ke gpt tanpa harus mem format hard disk.

6. Sedangkan untuk merubah partisi gpt ke mbr caranya sama persis, dan menu Convert MBR Disk to GPT Disk secara otomatis akan berubah menjadi Convert GPT disk to MBR Disk.

Demikian tutorial singkat tentang cara mengubah partisi mbr ke gpt tanpa memformat hard disk. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.