Cara mengatasi jam dan tanggal pada komputer selalu berubah saat dimatikan

Pernahkah anda mengalami Jam dan tanggal pada komputer / laptop berubah setiap kali dimatikan. Dan mungkin saja anda penasaran sebenarnya bagian mana pada komputer yang berfungsi dan bertugas untuk mengatur jam dan tanggal agar tidak berubah? Jawabannya adalah: BIOS dan baterai CMOS.

Dan saya yakin, banyak dari Anda sudah pernah melihat baterai CMOS pada motherboard tertentu, tapi mungkin Anda belum tahu namanya dan bahkan tidak tahu fungsinya.

CMOS merupakan singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor, dan digunakan dalam pembuatan chip, mikroprosesor, dan lain-lain. Dan chip BIOS menyimpan banyak informasi tentang konfigurasi sistem komputer Anda, termasuk tanggal dan waktu di dalamnya.

Baca Juga :

Pekerjaan baterai CMOS ini adalah memastikan bahwa chip BIOS bisa menyimpan datanya meski komputer dalam keadaan mati, dan itu semua terjadi dengan menyediakan catu daya terus menerus ke chip BIOS. Jika baterai CMOS rusak atau habis, maka chip BIOS akan mulai kehilangan informasi, termasuk mengenai pengaturan jam dan tanggal yang selalu berubah.

Dan gejala utama rusak atau habisnya daya batre CMOS adalah PC Anda tidak lagi dapat secara akurat menjaga data dan pengaturan waktu berupa tanggal dan jam sampai Anda mengganti baterai yang lama dengan yang baru.

Permasalahan jam dan tanggal yang selalu berubah ini memang jarang terjadi pada PC atau laptop yang baru, namun kasus semacam ini bisa muncul jika laptop sudah berumur beberapa tahun dan seiring bertambahnya usia baterai.

Well, Mari kita bahas Bagaimana cara Perbaiki Komputer atau Laptop dengan settingan tanggal dan jam selalu berubah


Ada beberapa cara untuk memperbaiki setelan jam dan tanggal yang selalu berubah di laptop. Yang pertama  dan yang paling mudah adalah dengan mengatur ulang settingan jam dan tanggal pada komputer Anda sesuai dengan waktu saat ini.

Cara mengatur jam dan tanggal pada komputer yang selalu berubah

Caranya klik tanggal pada Task Bar komputer sebelah kanan lalu pilih Change Date and Time Settings > Change date and time. Ubah pengaturan tanggal dan jam sesuai dengan keadan saat ini lalu klik OK. Jika permasalahan hanya terdapat pada perubahan jam dan tanggal saja, maka metode ini sudah lebih dari cukup untuk mengatasi permasalahan jam dan tanggal yang selalu berubah tersebut.

Namun lain lagi jika penyebab jam dan tanggal selalu berubah adalah karena baterai CMOS yang Mati. Maka cara memperbaikinya adalah dengan membongkar laptop anda lalu mengganti Baterai CMOS yang Mati dengan batre yang masih normal.
.
Warning :
Sebelum Anda memulai membongkar laptop, pastikan bahwa listrik statis tidak melalui bagian komputer yang rumit, yang mungkin bisa menjadi masalah besar bagi komputer anda. Poin penting adalah, letakkan komputer Anda pada meja atau permukaan non-konduktif (non-logam) sebelum mulai membukanya. Berikutnya ikuti langkah di bawah ini :

Cabut batre CMOS yang sudah mati dari Motherboard


Untuk melakukan itu, Anda akan membuka casing komputer Anda dan menemukan baterai CMOS pada motherboard. Jika perangkat anda adalah laptop, maka Anda harus membuka panel bawa Laptop Anda. Maka baterai CMOS mudah ditemukan karena terlihat seperti koin perak besar yang ada di motherboard Anda

Cara mengatur jam dan tanggal pada komputer yang selalu berubah

Sebagian besar pada laptop, baterai CMOS dijepit menggunakan klip kecil di sebelahnya. Maka cara melapaskannya cukup lepas baterai dari bawah klip seperti kartu SIM bundar besar dan koin perak kecil.

Dan ada satu hal lagi, pada beberapa laptop, mungkin baterai CMOS ditutupi dengan proteksi nonkonduktif dan dilekatkan pada 2 kabel yang terhubung ke motherboard laptop melalui konektor seperti pada gambar di bawah ini :

Cara mengatur jam dan tanggal pada komputer yang selalu berubah

Dan Anda tahu, mungkin juga Anda tidak dapat menemukan baterai CMOS di panel belakang laptop Anda. Karena beberapa produsen tidak mengizinkan penggantian baterai mereka sendiri sehingga anda harus membongkar keseluruhan casing laptop untuk hanya sekedar mengeluarkan baterai CMOS.

Berikut gambar laptop yang tidak memiliki baterai CMOS di panel belakangnya:

Cara mengatur jam dan tanggal pada komputer yang selalu berubah

Jadi, apapun jenis baterai yang digunakan komputer Anda, lepaskan saja. Bahkan jika Batre CMOS disolder pada motherboard seperti ini:

Cara mengatur jam dan tanggal pada komputer yang selalu berubah

Sekarang Anda harus membeli baterai CMOS yang sama persis untuk laptop atau komputer Anda yang baru saja Anda buka dari komputer atau laptop Anda. Jadi, sekarang Anda harus pergi ke toko komputer atau membeli baterai secara online. Intinya anda harus pastikan membeli jenis baterai yang sama persis seperti sebelumnya.

Well, setelah penggantian batre CMOS anda lakukan. Maka permasalahan pada pengatuan jam dan tanggal yang selalu berubah kini sudah bisa teratasi dan anda tidak perlu lagi menyeting jam dan tanggal secara berulang-ulang. Demikian, semoga bermanfaat ...