Cara menampilkan Posting terkait di Wordpress

Menampilkan posting terkait adalah cara yang telah terbukti untuk membuat pengunjung tetap ketagihan dengan situs Anda dan mendapatkan lebih banyak tampilan halaman. Beberapa tema WordPress hadir dengan opsi built-in, namun jika tema Anda tidak memiliki pilihan ini, berikut adalah cara yang bisa anda ikuti untuk menampilkan posting terkait di Wordpress.

Ada dua cara untuk menampilkan Posting Terkait (Related Post) di WordPress

1. Menggunakan plugin, atau
2. Menambahkan kode secara manual.

Seperti yang bisa Anda tebak, Anda memerlukan beberapa pengalaman coding untuk menampilkan posting terkait secara manual. Jika Anda tidak memiliki pengalaman atau tidak ingin melewati semua kerumitan itu, maka sebaiknya anda memanfaatkan plugin.

Recomended :

Ada beberapa plugin hebat yang sudah tersedia yang mampu melakukan pekerjaan ini dengan sempurna. Di bawah ini, saya akan menunjukkan cara menampilkan posting terkait di situs Anda dengan menggunakan plugin gratis.

Mari kita mulai dengan plugin yang sangat populer

Yet Another Related Posts Plugin (YARPP)

Yet Another Related Posts Plugin (YARPP) adalah plugin yang paling populer untuk menampilkan posting terkait di WordPress. Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin, Anda akan menemukan opsi pengaturannya di halaman Settings > YARPP.

Halaman pengaturan dibagi menjadi beberapa bagian. Berikut bagiannya.

The Pool

Cara menampilkan Posting terkait di Wordpress

The Pool adalah bagian di mana Anda dapat menentukan sumber untuk posting terkait Anda. Anda akan menemukan daftar kategori dan tag yang terpisah. Pengaturan default akan mencakup semua tag dan kategori di The Pool. Anda dapat mengecualikan tag atau kategori apapun dengan mencentang kotak masing-masing.

Di bawah ini, Anda akan menemukan kotak centang lain untuk memasukkan posting yang dilindungi sandi ke dalam The Pool. Pilihan selanjutnya memungkinkan Anda menampilkan durasi waktu dari tempat posting harus ditampilkan. Anda bisa memilih jumlah hari, minggu, atau bulan.

Relatedness Options

Cara menampilkan Posting terkait di Wordpress

Ini adalah bagian di mana Anda dapat menentukan keterkaitan konten Anda. Pertama-tama, ada bidang "Match threshold". Match Threshold adalah nilai yang dihitung secara otomatis yang dihasilkan berdasarkan Titles, Bodies, tag, dan Categories.

Sebelum menetapkan nilai Threshold, Anda harus menentukan pentingnya Titles, Bodies, tag, dan Categories dari bidang masing-masing. Anda dapat menentukan pengaturannya dengan memilih consider, don’t consider, consider with extra weight, dll.

Kemudian, kunjungi beberapa pos di blog Anda dan cari tahu skor ambang mana yang paling umum. Anda akan menemukan skor ambang tepat setelah judul posting di bagian posting terkait. Skor ini tidak akan terlihat oleh pengunjung biasa. Setelah menentukan skor ambang yang sesuai untuk pos Anda, gunakan nilai tersebut di bidang "Match threshold"

Display Options

Cara menampilkan Posting terkait di Wordpress

Seperti namanya, bagian ini mencakup opsi tampilan untuk posting terkait Anda. Pertama-tama, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan posting terkait untuk halaman posting, halaman, media, dan arsip.

Kemudian, Anda bisa memilih berapa banyak posting terkait yang ingin Anda tampilkan. Ada dua gaya standar yang tersedia untuk Anda - List dan Thumnail. Anda bisa memilih salah satu dari ini atau membuat custom style dengan menulis kode PHP.

Selanjutnya, Anda akan menemukan bidang terpisah untuk menambahkan kode HTML kustom sebelum dan sesudah bagian tulisan terkait dan setiap pos. Anda dapat menggunakan opsi ini untuk menambahkan judul kustom, menentukan gaya daftar, termasuk kelas khusus, id, dan sebagainya.

Jika Anda ingin menampilkan kutipannya, centang kotak "Show excerpt". Ini akan mengungkapkan dua pilihan tambahan untuk menentukan panjang kutipan dan menambahkan kode kustom sebelum dan sesudah kutipan.

Ada pilihan lain untuk menyesuaikan teks yang akan ditampilkan bila tidak ada posting terkait yang ditemukan. Terakhir, Anda dapat memilih untuk memesan pos terkait berdasarkan skor, tanggal, dan judul mereka.

Setelah Anda membuat perubahan, klik tombol "Save Changes".

Menggunakan Widget

Plugin ini juga dilengkapi dengan custom widget. Anda akan menemukan widget di halaman Appearance> Widgets. Ada pilihan terpisah untuk menyesuaikan judul dan memilih gaya tampilan widget.

Sementara plugin YARPP hadir dengan banyak fitur menarik, ada beberapa plugin lain yang bisa melakukan pekerjaan yang sama. Mari kita lihat plugin serupa lainnya untuk menampilkan posting terkait.

WordPress Related Posts

WordPress Related Posts adalah pilihan lain yang cocok untuk menampilkan posting terkait di situs Anda. Anda akan menemukan pilihan pengaturan plugin di Settings> WordPress Related Posts. Sebagai pilihan dibagi menjadi beberapa bagian, saya akan membahasnya satu per satu.

Basic Setting

Bagian ini hanya mencakup dua pilihan. Pilihan pertama memungkinkan Anda memberikan judul posting terkait. Kemudian, Anda bisa memilih berapa banyak posting terkait yang ingin Anda tampilkan.

Advanced Settings

Cara menampilkan Posting terkait di Wordpress

Di sini, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan tema siap pakai untuk posting terkait Anda. Selanjutnya, Anda dapat memilih tema yang ingin Anda gunakan. Plugin ini hadir dengan tujuh tema menarik beserta pilihan untuk membuat tata letak Anda sendiri. Arahkan kursor ke tema untuk melihat pratinjau gaya.

Di area "Customize", Anda akan menemukan pilihan terpisah untuk menampilkan thumbnail, jumlah komentar, menerbitkan tanggal, kutipan posting, kategori untuk posting terkait, dll. Ada field CSS khusus untuk menerapkan gaya Anda sendiri.

"Thumbnail Default" memungkinkan Anda membuat gambar default yang akan digunakan untuk pos yang tidak memiliki gambar unggulan.

Other Settings

Cara menampilkan Posting terkait di Wordpress

Di sini, opsi pertama memungkinkan Anda untuk mengecualikan kategori tertentu dari pos terkait. Centang kotak untuk kategori yang tidak ingin Anda tampilkan di pos terkait.

Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa pilihan untuk menampilkan artikel dari seluruh dunia di editor posting, secara otomatis menambahkan posting terkait ke template posting tunggal, tampilkan posting terkait di umpan, dan seterusnya.

Jangan lupa klik tombol "Save Changes" untuk menyimpan dan menerapkan perubahan pengaturan Anda.

Rangkuman

Menampilkan posting terkait bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mengurangi tingkat bouncing situs WordPress Anda. Sekarang setelah Anda membaca posting mendalam ini, Anda tahu plugin mana yang harus Anda gunakan untuk menampilkan posting terkait di situs Anda.

Jadi, plugin mana yang paling menarik bagi anda? Silahkan dipilih sendiri ya.!