Cara memperbaiki printer canon ip2770 Error 5100


Cara memperbaiki printer canon ip2770 Error 5100

Kemarin saya dapat pasien printer canon ip2770, printer ini milik sebuah koperasi sembako yang terletak tidak jauh dari lokasi workshop saya. Error 5100 menimpa printer malang ini, padahal printer canon ip2770 ini baru saja dibeli dan masih gress, tampak dari warnanya yang masih mengkilap dengan beberapa potong plastik masih melekat pada body printer. Si pemilik printer berkata sambil berkaca-kaca “printer ini baru saya beli pak tapi kok bisa error 5100 seperti ini ya?”

Error 5100 yang terjadi pada Printer Canon IP2770 biasaya disebabkan oleh selang infus yang tidak rapi sehingga saat printer mencetak dokumen, selang tersebut nyangkut dan menghalangi bracket cartridge saat akan bekerja. Jika printer canon Anda tidak menggunakan infus dan terjadi Error 5100, ini biasanya disebabkan karena terdapat kerusakan pada bagian mekanik seperti pada gear yang patah sehingga mengakibatkan proses kerja printer menjadi tidak normal dan akan menampilkan Error 5100 pada layar monitor.

Karena printer milik pasien saya ini menggunakan infus, maka saya curiga bahwa penyebab error 5100 ini adalah selang infus yang menghalangi jalannya cartridge. Tanpa pikir panjang saya langsung buka penutup printer kemudian saya berikan pengganjal pada sensor cover printer agar printer bisa digunakan mencetak dalam keadaan cover terbuka. Berikutnya saya lakukan Printer Test Page, sesaat setelah cartridge berjalan benar saja selang infus tersebut tergulung sehingga membuat cartridge tidak bisa bergerak dan lampu indikator printer langsung menyala orange dan diikuti dengan error 5100 tampil pada layar monitor.

Akhirnya saya coba lakukan sedikit sentuhan terhadap selang infus tersebut agar tidak lagi terlilit saat cartridge akan mulai berjalan. Jika terlalu panjang silahkan dikurangi atau sebaliknya, setelah itu saya lakukan pengujian dengan melakukan print tes page berulang-ulang untuk memastikan bahwa error 5100 tidak lagi terjadi pada printer naas ini. Dan Alhamdulillah setelah melewati proses yang tidak bisa dibilang panjang, akhirnya printer ini tidak lagi menampilkan error 5100 setelah diperbaiki selang infusnya dan kini si pemilik printer sudah bisa menggunakan printernya kembali untuk bekerja seperti sedia kala.

Demikian sedikit pengalaman singkat saya saat memperbaiki printer canon ip2770 error 5100. Postingan ini sangat cocok dibaca oleh para newbe yang baru bergelut menggunakan printer canon dan mengalami kasus error 5100. Demikian selamat membaca semoga bermanfaat …