Kenapa laptop langsung masuk BIOS saat dihidupkan

Dua hari yang lalu ada teman membawa laptop ke tempat saya, keluhannya adalah saat pertama kali dihidupkan laptop beliau langsung masuk ke bios. Padahal untuk mengakses BIOS laptop, Anda harus menekan salah tombol pada keyboard yang biasa digunakan untuk masuk ke BIOS terlebih dahulu. Namun pada laptop Asus milik teman saya ini, tanpa menekan sembarang tombol pun langsung masuk bios secara otomatis. Nah, inilah yang membuatnya bingung dan ingin mencari tahu bagamana cara mengatasi laptop asus yang masuk bios terus menerus saat dihidupkan.

www.zuhrisoft.com

Jika pertanyaannya adalah kenapa laptop langsung masuk bios? Dan bagaimana cara mengatasi laptop yang sering masuk BIOS? Ada beberapa opsi yang harus diperhatikan pada laptop yang bersangkutan. Dan beberapa opsi ini harus sobat cek dan coba satu per satu agar bisa mendapatkan jawaban dari permasalahan laptop yang sering masuk bios. Beberapa opsi tersebut akan saya bahas pada artikel di bawah ini. Jadi, jika Anda adalah salah satu orang yang mengalami permaslahan laptop sering masuk bios, mungkin ulasan di bawah ini bisa menjadi solusinya.

Baca juga :

Bagaimana cara mengatasi laptop masuk bios terus


1. Keyboard lengket

Untuk bisa masuk ke setup BIOS, biasanya terdapat perintah pada keyboard untuk menekan satu atau beberapa tombol yang ditugaskan untuk mengakses BIOS setup (biasanya tombol Del, F2, F11, F12, Esc dll). Nah, jika tombol yang berfungsi untuk mengakses BIOS tersebut lengket, maka secara otomatis laptop Anda akan mengakses BIOS secara terus menerus saat laptop dihidupkan. Solusinya, coba congkel tombol yang anda anggap sebagai pemicu laptop langsug masuk bios kemudian bersihkan lalu pasang kembali. Jika memang sudah terlalu banyak tombol keyboard yang lengket, maka melakukan penggantian adalah solusi yang direkomendasikan agar laptop anda tidak terus menerus masuk BIOS.

2. Batre BIOS Mati

Batre BIOS atau dikenal juga dengan sebutkan batre CMOS merupakan batre yang berfungsi untuk memberikan daya pada motherboard untuk menyimpan konfigurasi pada BIOS. Jika batre ini rusak atau mati, maka settingan pada BIOS seperti tanggal dan jam akan selalu berubah. Dan pada beberapa jenis / merk laptop, saat batre BIOS rusak juga bisa menyebabkan laptop langsung masuk bios saat pertama kali dihidupkan. Untuk mengatasinya silahkan ganti batre CMOS dengan yang masih normal agar laptop anda tidak termasuk pada jejeran laptop yang sering masuk BIOS.

3. HDD Rusak atau tidak terbaca

Pada beberapa merk atau type laptop, hard disk yang rusak atau tidak terbaca juga bisa menjadi penyebab kenapa laptop langsung masuk bios saat dihidupkan padahal anda tidak menekan tombol apa-apa. Hal ini lah yang saya temukan pada kasus di atas. Tidak hanya sekali, laptop asus yang masuk bios terus menerus ini sudah beberapa kali saya temukan dan ternyata penyebabnya cukup sepele yakni karena hard disk yang tidak terbaca atau rusak. Nah untuk mengatasinya, cukup bongkar laptop anda lalu cabut hard disk nya lalu pasang kembali. Jika memungkinakan, Anda bisa mengecek kondisi hard disk untuk memastikan kondisinya menggunakan Aplikasi HD Sentinel atau sejenisnya. Biasanya jika penyebanya adalah karena hardisk yang tidak terbaca, maka dengan melakukan cara ini permasalahan laptop yang masuk bios terus menerus tersebut akan langsung beres.

Tips di atas adalah cara yang bisa saya lakukan untuk mencari penyebab dan mengatasi laptop yang masuk BIOS secara terus menerus saat pertama kali dihidupkan. Dan pada kasus laptop sering masuk bios di atas, langkah yang saya tempuh adalah dengan melakukan pengecekan pada opsi nomor 3 dan Alhamdulillah permaslahan selesai dan laptop sudah normal kembali