Cara memperbaiki keyboard laptop yang error karena sebagian tombol huruf tidak bisa berfungsi normal

Mungkin sobat pernah mengalami ketika sedang mengetik tugas atau pekerjaan tiba-tiba salah satu tomboh huruf pada keyboard laptop anda tidak berfungsi atau tidak bisa ditekan? Atau mungkin lebih parahnya lagi semua tombok keyboard anda tiba-tiba tidak berfungsi sama sekali atau tidak respon dengan pekerjaan yang sedang anda kerjakan?

Jika pekerjaan yang anda lakukan tidak begitu mendesak, mungkin permasalahan keyboard laptop ini bukanlah menjadi problem yang besar. Namun jika anda sedang buru-buru dengan pekerjaan, tentu saja hal ini akan menjadi beban buat anda. Trus apa yang harus dilakukan jika kerboard laptop tidak berfungsi normal disaat-saat pekerjaan sedang menumpuk? Well, pada artikel ini telah dirangkum beberapa penyebab kerusakan keyboard laptop anda serta beberapa solusi yang dapat anda coba untuk mengatasi keyboard laptop yang error.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang error karena sebagian tombol huruf tidak bisa berfungsi normal

Bersihkan Keyboard dari Serpihan Sisa-sisa Makanan

Saran awal yang saya ucapkan ini adalah dengan membersihkan keyboard laptop anda dari serpihan sisa-sisa makanan. Meskipun masalah ini sangat sederhana, namun hal ini cukup sering dialami terlebih bagi sobat sekalian yang sering mengerjakan tugas sembari ngemil dan tidak disadari serpihan makanannya masuk ke dalam keyboard. Dan tentu saja serpihan makanan tersebut bisa tersangkut di dalam keyboard anda dan membuat keyboard laptop anda tidak berfungsi atau tidak responsif.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi keyboard semacam ini adalah hanya dengan memiringkan laptop anda dengan kondisi keyboard dalam keadaan terbuka sekitar 45 sampai 75 derajat sambil sedikit digunjangkan.

Tentu akan lebih mempermudah anda jika memiliki vacuum cleaner yang khusus digunakan untuk keyboard, atau bisa juga menggunakan blower untuk meniup keluar serpihan makanan yang tersangkut di dalam. Jika memang ini yang menjadi penyebabnya, maka dalam beberapa menit saja keyboard yang tadinya error akan kembali berfungsi seperti sedia kala.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang error karena sebagian tombol huruf tidak bisa berfungsi normal

Namun jika penyebabnya adalah karena terkena cipratan minuman manis dan menyebabkan terjadinya gumpalan pada bagian bawah keyboard. Tentu kerusakan keyboard karena hal semacam ini tidak bisa menggunakan cara di atas. Dan untuk kasus ini sebaiknya gunakan kain lap basah atau cottonbud yang telah dibasahi dengan air.

Lalu jika anda memiliki pilihan untuk membongkar tombol-tombol keyboard, tentu saya sangat tidak menyarankannya karena akan beresiko, terlebih jika anda adalah orang yang benar-benar belum paham dengan kerusakan pada keyboard, karena risiko kerusakan atau terjadinya patah pada bagian-bagian kecil dalam keyboard sangat beresiko terjadi.

Baca juga :

Solusi di atas adalah salah satu pilihan sederhana yang bisa sobat lakukan ketika keyboard laptop tidak berfungsi atau error, dan percaya atau tidak solusi di atas sudah sering menjadi pilihan pertama untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Restart Perangkat Anda

Saat tombol keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau seluruhnya, bisa saja di atasi hanya dengan melakukan on off atau restart pada perangkat Anda. Cara ini tentu saja merupakan solusi yang paling mudah dan bahkan menjadi salah satu solusi pertama yang sangat sering dicoba oleh para user. Tentu saja kita tidak bisa memungkiri akan hal ini, karena saya yakin bahwa dengan me-restart perangkat anda bisa mengatasi ribuan masalah pada komputer anda. Termasuk salah satunya adalah mengatasi keyboard yang tidak responsive atau error.

Tapi sebaiknya sobat lihat dulu kondisinya. Permasalahan keyboard yang dianjurkan untuk me-restart perangkat anda sebagai solusinya adalah keyboard yang error karena disebabkan oleh freeze permanen, atau yang sering kita sebut dengan istilah hang akibatnya keyboard tidak bisa respon. Cobalah geserkan cursor mouse anda. Jika cursor pada layar monitor tidak bisa bergerak, maka dapat dipastikan laptop atau komputer anda sedang mengalami hang, maka segera perangkat anda dan mudah-mudahan ini menjadi solusi keyboard yang tidak berfungsi karena hang.

Namun jika solusi ini masih belum juga mampu mengatasi error pada keyboard laptop anda, maka sebaiknya mematikan terlebih dahulu perangkat anda, kemudian cabut baterainya beberapa saat kemudian silahkan dipasangkan kembali. Berikutnya silahkan nyalakan kembali perangkat anda. Sering kali solusi sesederhana ini juga mampu menyelesaikan berbagai problem, dan salah satunya adalah masalah yang menjadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi.

Hubungi Tech Support Line

Mungkin solusi yang satu ini jarang diaplikasikan oleh orang Indonesia. Mengapa demikian, alasannya pun beragam, namun menurut analisa kami hal ini seringnya terjadi karena pengalaman buruk yang dialami oleh banyak konsumen terhadap tech support line

Kendati demikian tidak ada salahnya untuk mencoba menghubungi tech support line perangkat yang anda miliki. Karena melalui cara ini anda hanya perlu mengambil alat komunikasi lalu menyampaikan tentang masalah keyboard laptop tidak berfungsi seperti biasanya, dan dalam waktu yang singkat mereka akan memberikan solusinya kepada Anda.

Akan tetapi sebelum mencoba solusi ini, sebaiknya periksa dulu masa garansi perangkat anda. Biasanya bila anda dapat meyakinkan tech support line bahwa kerusakan bukan karena terjatuh, atau kemungkinan kerusakan lain yang kira-kira anda buat sendiri terhadap keyboard/laptop anda, mereka akan melakukan penggantian terhadap perangkat anda secara cuma-cuma.

Periksa Sambungan Keyboard

Bagi anda yang memiliki keberanian untuk mengotak-atik perangkat anda, kami sangat merekomendasikan anda untuk mencoba membongkar keyboard laptop anda. Membongkar yang kami maksudkan disini adalah bukan hanya sekadar membuka laptop anda lalu mencari sisa-sisa makanan atau sekedar membersihkan keyboard laptop dari debu-debu di balik tombol-tombol keyboard anda.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang error karena sebagian tombol huruf tidak bisa berfungsi normal

Anda perlu mengecek apakah laptop anda tidak terhubung dengan motherboard laptop secara sempurna sehingga keyboard laptop anda dapat bekerja normal dan tiba-tiba kehilangan respons saat digunakan bekerja. Akan tetapi, kami hanya menyarankan solusi ini bagi anda yang memiliki keberanian dan mengerti mengerti cara membongkar keyboard karena resiko atas kerusakan maupun kehilangan garansi akan ditanggung oleh anda sendiri.

Jika anda memang berani, silahkan bongkar keyboard laptop anda, kemudian periksa apakah kabel flexible keyboard anda terhubung dengan baik dengan motherboard laptop anda. Bila tidak tersambung maka segera sambungkan. Bagian palaing sulit dari langkah ini membongkar dan mencari kabel flexible keyboard tersebut, oleh karenanya sebaiknya sobat berhati-hati karena beda merk laptop tentu akan memiliki lokasi serta cara kerja yang berbeda pula. Jika tidak hati-hati keyboard laptop yang awalnya tidak berfungsi sebagian malah akan menjadi tidak berfungsi permanen dan tentu anda harus menggantinya dengan keyboard yang baru.

Permasalahan pada Software

Permasalah pada perangkat lunak atau software juga bisa menjadi kemungkinan keyboard laptop anda error dan tidak berfungsi. Ada dua kemungkinan yang menjadi penyebabnya, kemungkinan pertamanya adalah masalah pada driver keyboard anda, dan masalah kedua disebabkan karena virus.
pada kasus yang pertama, yaitu kasus pada driver keyboard, cukup lakukan pengecekan pada device manager pada laptop anda. Jika terdapat permasalahan akan muncul tanda berwarna kuning di sebelah ikon keyboard dan ini artinya driver keyboard anda belum terinstall sehingga mengakibatkan tombol keyboard error dan tidak berfungsi.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang error karena sebagian tombol huruf tidak bisa berfungsi normal

Bagi sobat yang menggunakan personal computer (PC), silahkan periksa baik-baik drivernya sesuaikan dengan merk keyboard yang anda pakai. Dan bagi pengguna laptop, silahkan kunjungi laman website masing-masing brand laptop yang anda gunakan. Biasanya vendor produk tersebut telah menyiapkan driver setiap perangkat kerasnya dalam versi yang terbaru sehingga konsumennya bisa dengan mudah menggunakannya untuk mengatasi keyboard yang tidak berfungsi.

Akan tetapi jika anda pernah memasang software lain selain dari software yang direkomendasikan oleh produsen perangkat anda seperti driver dari merk lain, maka cukup uninstall program-program tersebut maka ini juga sudah merupakan cara untuk mengatasi keyboard laptop yang error.

Selain itu, beberapa pengaturan sistem juga dapat menyebabkan keyboard anda tidak bisa berfungsi normal. Contoh sederhananya adalah bagi para pengguna Apple. Salah satu pengaturan yang sering tidak sengaja ditekan adalah tombol memperlambat yang terdapat pada pilihan pengaturan aksesibilitas.

Jika sobat mengaktifkan tombol ini, maka anda harus menekan tombol keyboard laptop anda cukup lama sehingga dikenali oleh sistem agar tidak disalahartikan oleh user yang menganggap tombol keyboard tidak berfungsi normal atau tidak responsif

Lain halnya jika laptop atau komputer anda terkena virus, cukup lakukan scanning menggunakan antivirus yang banyak terdapat di internet saat ini. Jika anda bingung memilih antivirus terbaik, silahkan cari di google dan dan anda pasti akan menemukan ribuan informasi terkait virus-virus yang menjadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi normal dan antivirus yang bisa digunakan untuk melawannya