Cara Mengatasi Hasil Cetak Print Loncat bergaris putus-putus naik turun pada printer canon

Hallo para pembaca sekalian, pada posting sebelumnya saya pernah mengulas tentang cara memperbaiki printer epsol L360 dengan kasus lampu power kertas dan tinta berkedip bersamaan. Dan pada posting kali ini kita akan bahan printer canon dengan kasus hasil print loncat putus-putus. Kasus ini saya temukan beberapa minggu yang lalu ketika sedang menangani servisan printer merk canon ip2770 dimana saat dilakukan print test page hasil cetaknya putus-putus dan loncat-loncat.

Bagi rekan-rekan yang belum terbiasa mengani permasalahan printer semacam ini, awalnya pasti dikira kerusakanya terdapat pada cartridge printer padahal sebenarnya bukan. Memang ada juga indikasi cartridge yang rusak dengan tanda-tanda sama seperti hasil printnya bergaris dan loncat-loncat. Namun pada kasus ini bukan cartridge yang menjadi penyebab hasil cetak yang loncat-loncat melainkan disebabkan oleh kerusakan pada plastik bening berbentuk bundar yang terletak di bagian samping printer.

www.zuhrisoft.com

Untuk memastikan penyebab hasil print bergaris putus-putus dan loncat adalah dengan membongkar printer sobat lalu perhatikan dengan seksama pada bagian plastik bundar di bagian samping printer. Jika terdapat banyak tinta yang menempel dan menutupi plastik transfaran tersebut, maka sudah dapat dipastikan hasil cetak printer sobat akan loncat-loncat dan putus-putus tidak beraturan.

Nah, untuk mengatasi hasil cetak loncat pada printer canon seperti pada kasus di atas, silahkan bersihkan noda tinta yang menempel pada transafaran tersebut menggunakan tisu tetapi jangan sampai menghilangkan warna cokelat yang merupakan bawaan dari plastik tersebut. Setelah tinta dirasa bersih, lakukan print test page untuk melihat hasilnya apakah hasil print loncat-loncat tersebut sudah berhasil teratasi atau belum.

Baca Juga :

Jika noda tinta tidak juga bisa bersih atau hasil print masih saja loncat-loncat dan putus-putus, berarti pelastik bening tersebut harus diganti dengan yang masih normal. Kebetulan di kios saya banyak terdapat bangkai printer yang masih bisa dimanfaatkan beberapa part di dalamnya, jadi untuk menanggulangi servisan ini cukup dengan melakukan kanibal saja maka permasalahannya sudah beres.

Kesimpulan
  • Untuk mengatasi hasil print yang loncat-loncat, lakukan pengetesan dengan cartridge lain
  • Jika hasil masih sama, bongkar printer lalu bersihkan plastik transfaran pada bagian samping printer
  • Jika langkah 2 belum membuahkan hasil, ganti plastik bening tersebut dengan yang masih normal
  • Insya Allah langkah tersebut berhasil

Demikian cara yang pernah saya lakukan untuk mengatasi hasil cetak loncat-loncat pada printer canon ip2770. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …