Cara mengatasi printer epson l360 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan

Hallo para pembaca setia zuhrisoft, sudah lama sekali saya tidak posting dikarenakan kesibukan di dunia offline. Dan pada kesempatan ini saya kembali lagi untuk bebagi tentang dunia printer, kasus printer Epson l360 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan menjadi topik yang akan saya angkat dalam postingan ini. Dan seperti biasa apa yang akan saya share ini merupakan pengalaman pribadi yang telah saya uji terlebih dahulu bukan hanya hasil copy paste dari blog orang lain di internet.

Permasalahan printer epson L360 lampu tinta dan kertas berkedip bergantian itu sudah biasa kita temukan, dimana permasalah tersebut disebabkan oleh print counter yang sudah penuh dan harus direset. Namun berbeda halnya jika printer Epson mengalami masalah pada lampu power dan lampu indikator tinta berkedip bersamaan, ini harus dicek dulu baik-baik apa kira-kira yang menjadi penyebabnya.

Awalnya saya berfikir bahwa printer epson L360 dengan lampu indikator power tinta dan kertas berkedip bersamaan ini bisa diperbaiki hanya dengan melakukan reset software saja, namun ternyata setelah saya coba reset berkali-kali tak juga kunjung membuahkan hasil, lampu power dan kertas tetap saja berkedip bersamaan.

Di atas langit masih ada langit, saya tidak mau terlalu berspekulasi untuk mencoba bongkar sana sini printer Epson ini karena ini adalah milik pelanggan, jadi harus betul-betul berhati-hati agar printer orang tidak tambah parah. Akhirnya saya berinisiatif bertanya pada para master-master teknisi printer di group teknisi yang sudah terpercaya dan Alhamdulillah beliau-beliau itu mau merespon dan membantu memperbaiki printer epson L360 ini.

Solusi yang diberikan para master-master printer itu untuk mengatasi printer epson L360 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan adalah dengan melakukan pengecekan pada scanner. Jika bernaib baik dan memang itu yang menjadi keluhannya, maka dengan hanya membongkar scanner dan bersihkan kabel flexible lalu pasang lagi permasalahan akan selesai. Hal tersebut sudah saya lakukan namun tak kunjung meredakan error pada printer epson L360 ini.

Baca juga :

Pikir saya, mungkin solusi terbaik adalah harus ganti scanner. Benar saja, akhirnya saya coba bongkar scanner printer milik saya lalu dipasang pada printer servisan tersebut. Setelah dites ternyata hasilnya normal. Tapi nggak mungkin donk saya ikhlaskan printer satu-satunya milik saya ini. Akhirnya saya coba perlahan memperbaiki printer Epson L360 yang lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan ini dengan membongkar kembali scanner milik saya tadi lalu pasang kembali scanner aslinya.

Dan… amazing..! Setelah saya coba hidupkan, ternyata printer Epson L360 ini berjalan normal seperti biasa. Betapa nikmatnya rasanya setelah berhasil mengatasi masalah printer Epson dengan kasus lampu power dan indikator tinta berkedip bersamaan ini. Ini merupakan pengalaman berharga yang bisa sobat coba ketika mengalami masalah lampu power dan tinta berkedip bersamaan pada printer Epson L360.

Jadi kesimpulannya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki printer Epson L360 yang kedap kedip bersamaan pada lampu power dan indicator tinta adalah dengan cara memancing scanner menggunakan scanner yang normal lalu kemudian memasang kembali scanner aslinya. Jika langkah ini tidak berhasil maka jalan satu-satunya adalah ganti scanner dengan yang masih normal.

Bagi sobat yang belum tahu cara bongkar scanner pada printer epson L2360, di bawah ini adalah tutorial yang bisa anda ikuti. Panduannya sudah saya lengkapi dengan gambar pendukung agar lebih cepat dipahami.

1. Buka baut di bagian atas printer sebelah kanan

Cara mengatasi printer epson l360 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan

2. Angkat bagian scanner sebelah kanan sampai keluar dari dudukannya, kemudian tarik ke sebalah kiri sampai scanner benar-benar terlepas dari dudukannya.
 
Cara mengatasi printer epson l360 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan

3. Letakkan scanner pada bagian yang ada sandarannya kemudian buka baut yang berada di bawah scanner

Cara mengatasi printer epson l360 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan

4. Angkat plastik penutup sampai terlepas dan terlihat mainboard printer tempat menancapnya kabel flexible printer.

Cara mengatasi printer epson l360 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan

5. Kabel flexible printer sudah terlihat, silahkan dicabut lalu bersihkan dan pasang kembali untuk mencoba memperbaiki kasus printer epson yang kedap kedip pada lampu power dan lampu indikator tinta.

Cara mengatasi printer epson l360 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan

Itulah tips yang saya lakukan untuk memperbaiki printer epson L360 dengan kasus lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ...