Menjalankan Aplikasi Android di PC menggunakan Bluestacks App Player

Selama lebih dari setengah dekade, industri aplikasi telah berkembang begitu cepat sehingga banyak perusahaan perangkat lunak telah mengalihkan perhatiannya untuk menciptakan aplikasi baru. Sejak itu, ratusan ribu aplikasi android tersebar di Play Store (sekitar 1,3 juta Aplikasi per Agustus 2014). Banyak dari aplikasi dan game android hampir dimiliki oleh setiap pengguna android dan hal ini tidak dapat ditemukan dalam versi PC (Personal Computer).

Emulator Android untuk PC

Permintaan menjalankan aplikasi android di PC cukup tinggi, sehingga beberapa perusahaan berbondong-bondong mengembangkan versi PC dari aplikasi android mereka untuk memenuhi tuntutan pengguna. Untuk menjalankan aplikasi android pada PC tidaklah sulit, Anda hanya memerlukan sebuah aplikasi bernama Bluestacks agar dapat menjalankan aplikasi android di PC kesayangan anda. .

Cara Jalankan Aplikasi Android di PC menggunakan Bluestacks App Player

Bluestacks App Player adalah Aplikasi emulator android yang berfungsi Menjalankan Aplikasi Android pada Komputer, Bluestacks telah diunduh lebih dari 50 juta kali. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk dapat menjalankan aplikasi android favorit Anda dengan cepat dan layar penuh pada PC. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai macam platform Mulai dari Windows 8, 7, Vista dan XP.

  • Silahkan kunjungi ke website Bluestacks untuk mendownloadnya. Link download telah tersedia di sana pada halaman yang sama. Download dan Install Bluestacks pada PC Anda. Instalasinya cukup mudah semudah menjalankan program instalasi Windows standar.
  • Buka Bluestacks. Jika Anda diminta untuk memperbarui driver kartu grafis Anda, silahkan perbaharuai terlebih dahulu untuk menghindari masalah pada tampilan di layar PC anda. Atau jika Anda tidak ingin memperbaharuinya abaikan saja pesan yang muncul dan klik tombol tutup. Bluestacks juga akan tetap berjalan meski driver kartu grafis tidak diupdate.
  • Klik pada ikon pencarian di sudut kiri atas jendela. Cari aplikasi apa saja yang ingin Anda jalankan di PC Anda dan kemudian klik "Search Play for" untuk menemukan aplikasi dari Google Play Store. Pasang aplikasi yang telah anda temukan dan jalankan dari layar aplikasi Bluestacks. Sayangnya, aplikasi seperti WhatsApp yang mengharuskan Anda untuk menerima SMS untuk otentikasi mungkin tidak bisa dialankan di Bluestacks.

Cara Jitu Menjalankan Aplikasi Android APK di Komputer

  • Jika ini adalah pertama kalinya Anda menginstal aplikasi, Anda akan diminta untuk masuk dengan akun Google seperti yang dilakukan pada ponsel Anda. Jadi Anda tidak perlu membayar lagi untuk aplikasi yang sudah dibayar dari perangkat android Anda. Atau, Anda dapat menginstal BlueStacks Cloud Connect pada ponsel Anda untuk syn aplikasi yang diinstal antara PC dan ponsel.

Aplikasi Emulator Alternatif selain Bluestacks App Player

Jika Anda tidak ingin menggunakan Bluestacks atau ingin mencari alternatif selain Bluestacks, berikut ini adalah beberapa daftar aplikasi emulator android lainnya yang bisa anda coba untuk PC dan Mac :

  • Virtual Box
  • GenyMotion
  • YouWave Emulator
  • Android SDK Emulator
  • WindowsAndroid Emulator
  • Android for PC Emulator
  • Jar of Beans Emulator

Demikian tutorial sederhana tentang cara Menjalankan Aplikasi Android di PC menggunakan Bluestacks App Player, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga  Cara membagi bandwith internet menggunakan software gratis P2POver