Beberapa Penyebab Laptop atau PC Menjadi Lambat

Laptop bisa bekerja menjadi lambat jika Anda memiliki banyak perangkat lunak dan sistem yang berjalan pada waktu yang sama. Untuk melihat banyaknya aplikasi yang sedang berjalan, Anda dapat mengakses Task manager dengan mengklik kanan pada Taskbar dan pilih "Task Manager", atau tekan CTRL-ALT-DEL kemudian pilih Start Task Manager.

Cara Mengatasi PC/Laptop Windows 7 yang Lemot

Jika banyak aplikasi yang berjalan pada saat yang sama, baik itu game, program aplikasi, web browser seperti Chrome dan Firefox (jika Anda membuka terlalu banyak tab), atau program yang memerlukan sumber daya berat lainnya, dan jika prosesor komputer Anda tidak dapat bekerja dengan jumlah beban kerja yang berat pada saat yang sama, maka kemungkinan laptop atau pc anda akan berjalan dengan lambat.

Berikut ini adalah Beberapa Penyebab Laptop atau PC Anda Menjadi Lambat


1. Anda menjalankan terlalu banyak program pada saat yang sama.
2. Kurangnya ruang hard disk yang cukup.
3. Kerusakan pada hard disk.
4. Program berat yang tersembunyi yang berjalan di latar belakang.
5. Infeksi spyware, worm, trojan, virus atau malwares lainnya.
6. Registriy buruk di Windows.
7. Prosesor yang terlalu tua dan terlalu lambat untuk program baru.

Menjalankan Terlalu Banyak Program


Hal ini jelas bahwa jika Anda memiliki terlalu banyak perangkat lunak yang berjalan pada saat yang sama, maka CPU pasti akan melakukan hal yang terbaik untuk menanggapi semua permintaan dari perangkat lunak. Jika CPU Anda mencapai batasnya kemampuannya, hal ini dapat menunda tanggapan terhadap perangkat lunak Anda dan membuat Laptop bekerja menjadi lambat. Solusinya adalah dengan mencoba untuk tidak menjalankan terlalu banyak program pada saat yang sama. 

Registriy yang Buruk pada Windows


Registry adalah nyawa dari komputer Anda. Dia menyimpan setiap informasi dan pengaturan dari Sistem Operasi Anda. Ketika Anda menginstal perangkat lunak dan program atau membuat perubahan di sana-sini, itu berarti anda menambahkan entri ke registry. Selama jangka waktu yang panjang, registry ini mungkin mendapatkan hambatan dan menyebabkan kesalahan sehingga menjadi salah satu penyebab laptop atau pc menjadi lambat. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan registry cleaner untuk membersihkan dan memperbaiki semua kesalahan registry di Windows Anda.

Kurangnya Ruang Hard Disk yang Cukup


Pastikan Anda memiliki ruang kosong lebih dari 20% pada hard disk, khususnya pada drive tempat terinstalnya sistem operasi. Jika tidak, cobalah untuk menghapus beberapa file yang tidak terpakai sampai Anda memiliki ruang kosong lebih dari 20%. Sebenarnya ini adalah penyebab paling umum yang dapat menyebabkan Laptop atau PC menjadi lambat. Jika memiliki dana lebih, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli hard disk baru jika membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar dan untuk mempercepat kerja komputer Anda.

Kerusakan pada Hard Disk


Periksa apakah hard disk Anda rusak atau masih normal, gunakan software hdsentinel atau gunakan cara manual dengan memanfaatkan cmd. Lakukan Defragment untuk mengetahui berapa banyak bad sector yang terdapat pada hard disk. Bad Sector sulit untuk diperbaiki, tetapi dapat ditandai untuk tidak digunakan pada bagian yang terdapat bad sector. Bad sector muncul karena Anda menggunakan hard disk terlalu lama sehingga menyebabkan Laptop menjadi lambat. Untuk mengatasi hal ini, tentu saja mengganti hard disk dengan yang baru merupakan solusi terbaiknya. 

Program Berat Tersembunyi dan Berjalan di Latar Belakang


Untuk menonaktifkan program berat yang berjalan di belakang jendela Anda, Anda harus terlebih dahulu menentukan setiap proses yang berjalan di Windows dan konsumsi penggunaan CPU-nya. Untuk melakukannya, buka "Windows Task Manager" dengan menekan tombol CTRL + ALT + DEL, kemudian klik pada tab "Processes". Daftar ini akan menampilkan program-program yang sedang berjalan di windows Anda. Klik pada kolom Memory di atas daftar program untuk mengurutkan program berdasarkan penggunaan Memory dari masing-masing aplikasi. Sekarang Anda bisa melihat program yang menggunakan banyak memory dan merupakan penyebab Laptop menjadi lambat.

Cara Mengatasi Komputer Lambat


Anda dapat menonaktifkannya hanya jika Anda tahu apa fungsi dari aplikasi itu, agar tidak salah-salah jika dinonaktifkan. Jika Anda tidak mengerti dengan aplikasi tersebut, Anda harus melakukan pencarian untuk proses tertentu untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut benar-benar dapat dinonaktifkan. Untuk menonaktifkannya, klik pada salah satu aplikasi yang akan dinonaktifkan kemudian klik pada tombol "End Process".

Infeksi Spywares, Worm, Trojan, Virus atau Malwares lainnya


Virus komputer, Trojan, Worms, Spywares dirancang untuk merusak atau menghapus data pada komputer Anda dan juga mereplikasi dirinya sendiri untuk memaksimalkan infeksi ke komputer lain. Beberapa dari mereka juga dirancang untuk memanfaatkan sumber daya sistem Anda dan menggunakan sebagian besar siklus CPU Anda sehingga mengakibatkan Laptop berjalan lambat.

Untuk menghilangkan virus dan program jahat, pastikan Anda memiliki anti-virus atau program anti-spyware yang terinstal dan terupdate dijalankan pada komputer Anda, Scan komputer Anda secara berkala dan hapus semua virus atau malware yang terdeteksi.

Prosesor yang Terlalu Tua dan Terlalu Lambat untuk Program Baru


Jika perangkat keras Laptop atau komputer Anda tidak dapat mendukung program yang Anda jalankan, mungkin akhirnya CPU akan memaksimalkan kemampuannya sehingga laptop akan berjalan lebih lambat . Jika tidak ada solusi untuk mengatasi hal ini, maka solusi terakhirnya adalah meng-upgrade komputer Anda, terutama Prosesor dan RAM nya, sehingga dapat diandalkan untuk menjalankan aplikasi yang lebih berat dan performa komputer menjadi lebih cepat.

Demikian artikel sederhana tentang Beberapa Penyebab Laptop atau PC Menjadi Lambat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca juga Cara mudah Membuat Bootable Flashdisk menggunakan Rufus