Mengatasi Printer yang tidak Terbaca pada Microsoft Excel

Beberapa waktu lalau saya pernah mengalami permasalahan pada laptop yang menyebabkan Windows tidak bisa mendeteksi printer yang biasa saya gunakan untuk mencetak. Dan saat dilakukan Print Preview tampil pesan "print preview is not available"

Jangan lupa baca :

Jika anda pernah mengalami hal yang sama, berikut ini saya akan membagikan tips yang saya lakukan untuk mengatasi printer yang tidak terbaca pada aplikasi Microsoft Excel. Awalnya saya sempat bingung kenapa Ms. Excel yang saya gunakan tidak bisa membaca / mendeteksi printer sehingga saya sangat kesulitan untuk mencetak dokumen.

Berikut langkah-langkah mengatasi printer yang tidak terbaca pada Excel


Cara pertama yang saya tempuh adalah mengInsall ulang driver printer tersebut, karena saya pikir permasalahan terletak di sana. Namun setelah hal itu saya lakukan, printer tetap saja tidak bisa terbaca pada Microsoft Excel.

Karena cara pertama belum bisa membuat printer terdeteksi, maka saya cek konfigurasi pada bagian Device and Printer, namun langkah ini juga belum bisa membuat printer terbaca pada Excel. Dan setelah mencari-cari solusi yang lainnya akhirnya saya menemukan cara yang betul-betul ampun untuk mengatasi printer yang tidak terbaca pada aplikasi Excel ini yakni melalui konfigurasi pada Registry Editor.

1. Buka menu RUN dengan menekan tombol Windows + R lalu ketik regedit dan tekan tombol OK, maka jendela Registry Editor akan terbuka.

printer tidak terdeteksi dan tidak bisa print preview di excel 2010

2. Berikutnya pilih HKEY_CURRENT_USER -> Software -> Microsoft -> Windows NT -> CurrentVersion -> Windows

printer tidak terdeteksi dan tidak bisa print preview di excel 2010

3. Ubah hak akses (Permissions) pada Windows atau pada CurrentVersion dengan memilih opsi Full Access Control. Caranya klik kanan pada Windows lalu pilih Permissions.

printer tidak terdeteksi dan tidak bisa print preview di excel 2010

4. Berikan tanda centang pada opsi Full Control, kemudian tekan tombol OK untuk mengakhiri.

printer tidak terdeteksi dan tidak bisa print preview di excel 2010

5. Setelah itu silakan cari opsi Device di dalam menu Windows tersebut, kemudian Klik kanan pada Device, dan pilih Delete.

printer tidak terdeteksi dan tidak bisa print preview di excel 2010

Terakhir Restart komputer atau Laptop Anda, diamkan beberapa saat. Sekarang coba aktifkan Microsoft Excel dan coba lakukan printing, maka secara otomatis printer yang tadinya tidak bisa terbaca/terdeteksi kini sudah dapat digunakan mencetak lagi melalui Excel.

Demikian panduan singkat tentang cara mengatasi printer tidak terdeteksi di excel dan pdf, semoga dapat membatu jika anda mengalami keluhan seperti tersebut di atas. Wassalam.